HOME, Keluarga

3 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Deterjen, Bikin Pakaian Kurang Bersih!

3 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Deterjen, Bikin Pakaian Kurang Bersih!

MOMSMONEY.ID - Deterjen merupakan salah satu hal yang wajib ada saat mencuci pakaian untuk memastikan pakaian-pakaian kotor Anda kembali bersih dan wangi.

Sekilas, deterjen memang sangat mudah digunakan. Tinggal tuang ke pakaian kotor, cuci pakaian dengan tangan atau mesin cuci, dan deterjen tersebut akan merontokkan kotoran dari pakaian dengan segera.

Walaupun terlihat mudah, sebenarnya penggunaan deterjen juga perlu diperhatikan dengan cermat. Sebab, kesalahan-kesalahan tertentu saat menggunakan deterjen bisa membuat pakaian kurang bersih, bahkan kurang nyaman saat dikenakan nantinya.

Kira-kira, kesalahan apa saja yang dimaksud? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Awas, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Pakaian

Menggunakan terlalu banyak deterjen

Mengapa penggunaan deterjen pakaian yang terlalu banyak tidak disarankan? Dilansir dari Real Simple, penggunaan deterjen yang berlebihan bisa menimbulkan busa yang berlebihan dan menyebabkan residu pada pakaian, sehingga pakaian malah akan kurang bersih.

Selain itu, residu deterjen pada pakaian yang tidak terbilas bersih juga dapat menjadi sarang bakteri dan membuat pakaian kurang nyaman digunakan nantinya.

Solusinya, selalu gunakan takaran deterjen yang tepat dan sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan deterjen Anda.

Menuang deterjen langsung ke atas pakaian

Selain menggunakan deterjen yang terlalu banyak, Anda juga tidak disarankan untuk menuang deterjen langsung ke atas pakaian.

Dikutip dari laman Homelization, deterjen (baik bubuk maupun cair) yang dituang langsung ke atas pakaian dapat membuat deterjen tersebut tidak bisa larut dengan sempurna di dalam air, sehingga meninggalkan residu di pakaian.

Jadi, saat mencuci pakaian, pastikan Anda melarutkan deterjen di dalam air sebelum merendam pakaian yang akan dicuci.

Baca Juga: Tempat yang Sering Terlewat Saat Membersihkan Rumah, Jangan Sampai Lupa!

Mengandalkan deterjen untuk membersihkan noda

Melansir Apartment Therapy, jangan selalu mengandalkan deterjen untuk membersihkan noda-noda di pakaian Anda dengan tuntas.

Artinya, selalu bersihkan noda-noda di pakaian Anda sebelum mencuci seluruh pakaian tersebut. Misalnya, jika pakaian Anda terkena noda tanah atau makanan, sebisa mungkin bersihkan noda tersebut terlebih dahulu dengan segera, baru letakkan di keranjang cucian untuk dicuci bersama pakaian lain.

Untuk membersihkan noda di pakaian, pastikan Anda tidak menggosok-gosok noda tersebut dengan kasar. Selain dapat membuat noda makin lebar, kain pada pakaian Anda juga akan cepat rusak.

Itulah beberapa kesalahan saat menggunakan deterjen yang perlu dihindari. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News