HOME, Keluarga

3 Cara Reapply Sunscreen di Atas Makeup Berdasarkan Jenis Kulit. Yuk, Cari Tahu!

3 Cara Reapply Sunscreen di Atas Makeup Berdasarkan Jenis Kulit. Yuk, Cari Tahu!

MOMSMONEY.ID - Sunscreen atau tabir surya adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari baik saat hujan maupun cerah. Sebagai basic skincare, penggunaan sunscreen tidak boleh dilewatkan karena hal ini dapat menurunkan kinerja dari produk skincare lainnya. Atau, bisa dikatakan bahwa berbagai serum hingga toner yang Anda gunakan akan berakhir sia-sia jika Anda tidak menggunakan sunscreen.

Selain takaran yang tepat, sunscreen juga perlu diaplikasikan ulang setiap 2 jam guna memastikan perlindungan matahari pada kulit Anda bertahan sepanjang hari. Namun, apa jadinya jika wajah Anda dipenuhi oleh makeup sementara sudah waktunya untuk reapply sunscreen?

Untuk menjawab segala kegelisahan Anda, berikut penjelasan tentang 3 cara reapply sunscreen dengan tepat di atas makeup berdasarkan jenis kulit yang patut Anda simak dan ikuti sebagaimana dilansir dari Coveteur.

Baca Juga: Payudara Kendur Bikin Minder? Coba Cara Ini untuk Membantu Mengencangkannya Kembali

Reapply sunscreen untuk kulit berminyak

Seperti kita tahu, produk makeup yang menjadi pasangan ideal untuk kulit berminyak adalah produk yang berbentuk powder atau bubuk. Oleh sebab itu, jenis sunscreen yang cocok untuk diaplikasikan ulang pada kulit berminyak adalah powder sunscreen. Selain bisa digunakan sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari, powder sunscreen juga dapat digunakan untuk touch up sekaligus mengontrol minyak karena kemampuan mattifying yang dimilikinya.

Untuk menggunakan powder sunscreen, pertama-tama Anda harus menekan produk ke dalam kulit dengan menggunakan brush atau puff. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan coverage pada area permukaan kulit Anda. Setelah itu, pastikan Anda tidak menggosok-gosokkan produk secara berlebihan.

Jika kulit Anda cenderung berminyak sepanjang hari dan menyebabkan makeup menjadi mudah luntur, Anda bisa memilih powder sunscreen berbentuk padat (pressed) alih-alih tabur (loose). Pasalnya, pressed powder cenderung menawarkan lebih tinggi coverage dibandingkan loose powder.

Reapply sunscreen untuk kulit kering

Tidak seperti kulit berminyak, kulit kering membutuhkan lebih banyak hidrasi saat melakukan touch up. Dan, sering kali penggunaan produk berbentuk powder dapat membuat tambalan-tambalan kering pada wajah terlihat lebih jelas.

Maka dari itu, sunscreen spray sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan ulang pada kulit bertipe kering dibandingkan sunscreen lainnya. Dengan sensasi yang menyegarkan, sunscreen spray memungkinkan para pemilik kulit kering untuk terus menambahkan hidrasi dan keseimbangan pada kulit sekaligus melindunginya.

Untuk perlindungan yang maksimal, pastikan Anda menyemprotkan sunscreen spray secara merata ke seluruh wajah Anda dengan satu semprotan untuk setiap kuadran wajah.

Reapply sunscreen untuk kulit sensitif

Jika kulit Anda tergolong sensitif, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih berbagai produk kosmetik. Pasalnya, produk yang tidak mengandung bahan-bahan hypoallergenic dapat memicu alergi dan iritasi.

Kendati begitu, bukan berarti para pemilik sensitif boleh melewatkan reapply sunscreen.

Sebagai solusinya, Anda disarankan untuk menggunakan produk moisturizer multifungsi yang mengandung SPF sebelum mengenakan sunscreen. Hal ini dilakukan untuk memberikan perlindungan ganda pada kulit Anda yang sensitif. Setelah 2 jam, Anda bisa mengaplikasikan ulang sunscreen dengan powder sunscreen atau face mist yang mengandung SPF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News