Bugar

3 Cara Membuat Toner Alami dari Rumah, Tidak Sulit

3 Cara Membuat Toner Alami dari Rumah, Tidak Sulit

MOMSMONEY.ID - Tidak perlu membeli lagi, Anda bisa mencoba beberapa cara membuat toner alami dari rumah. Toner adalah salah satu rangkaian basic skincare yang tidak boleh dilewatkan.

Toner membantu menyeimbangkan kembali pH kulit setelah dibersihkan dengan sabun, kemudian membuat kulit terasa segar lebih lama.

Sebab, toner membantu meminimalkan dan mengontrol produksi minyak di bawah permukaan kulit. Saat ini, ada berbagai pilihan toner yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kondisi kulit.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Masker Wajah untuk Memutihkan Kulit dari Bahan Alami, Coba yuk

Namun, jika Anda ingin memiliki toner alami maka membuat toner alami dari rumah adalah solusi yang tepat. Melansir dari cleanandclear.co.id, berikut tiga cara membuat toner alami untuk wajah, yaitu: 

1. Toner teh hijau

Toner alami yang bisa Anda buat di rumah adalah teh hijau. Bahan alami ini sudah lama dipercaya mampu merawat kesehatan kulit wajah. Pada pemilik kulit kombinasi, toner dari teh hijau sangat cocok digunakan untuk sehari-hari.

Hal ini dikarenakan teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat menyeimbangkan produksi minyak pada wajah. Jika Anda tertarik mencoba, berikut ini cara membuat toner alami dari teh hijau. 

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir air.
  • 1 kantong teh hijau.

Cara membuat:

  • Didihkan 1 cangkir air kemudian masukkan 1 kantong teh hijau ke dalamnya selama 3-5 menit.
  • Buang kantong teh dan tunggu hingga suhu teh di cangkir kembali normal.
  • Pindahkan teh ke mangkuk kecil agar lebih mudah digunakan. Selanjutnya, oleskan air teh ke wajah setelah mencuci muka.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Harus Mulai Thrifting, Ada Keuntungannya Juga Lo

2. Toner mentimun

Toner alami berikutnya adalah mentimun. Pada kulit berminyak, toner yang berbahan mentimun bisa Anda coba. Mentimun mengandung banyak air yang bisa menghidrasi kulit dan sebagai astrigent alami. 

Astringent adalah zat yang mampu menyegarkan, menyerap kelebihan minyak, sekaligus memperkecil pori-pori kulit. Siapkan bahan-bahannya, seperti 1 buah timun segar yang sudah di parut halus dan 1 sdt air lemon.

Cara membuatnya tidak sulit, yaitu campurkan timun segar dan air lemon, kemudian aduk rata. Bila sudah, Anda bisa mengaplikasikan campuran ini sebagai toner wajah.

3. Toner cuka apel

Terakhir, cara membuat toner alami dari rumah dengan bahan cuka apel. Pada jenis kulit normal, toner berbahan cuka apel sangat menarik untuk dibuat dan cocok untuk jenis kulit tersebut.

Cuka apel mengandung antioksidan yang membantu menghilangkan racun dan sisa kotoran keluar dari pori-pori. Kulit wajah pun tidak lagi tersumbat kotoran sehingga kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga.

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan dua bahan saja seperti 2 sdm sari cuka apel dan 2 sdm air.

Kemudian, campurkan sari cuka apel dan air pada sebuah mangkuk, kemudian aduk rata menggunakan sendok. Toner cuka apel pun siap digunakan. 

Seperti itulah tiga cara membuat toner alami dari rumah. Bahan yang digunakan pun cukup aman dan mudah didapatkan, selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News