HOME, Keluarga

3 Cara Membersihkan dan Merawat Meja Dapur Marmer

3 Cara Membersihkan dan Merawat Meja Dapur Marmer

MOMSMONEY.ID - Marmer merupakan salah satu material yang populer digunakan di rumah, termasuk pada meja dapur. Tak heran, sebab marmer tergolong material yang dapat memberikan kesan mewah dan elegan secara instan.

Jika ingin dapur tampak mewah dan mahal, coba gunakan marmer pada bagian permukaan meja atau countertop.

Nah, supaya meja dapur berbahan marmer selalu terlihat cantik, Anda sebagai pemilik rumah harus tahu caranya merawat dan membersihkan meja dapur dengan tepat. Jika diperlakukan sembarangan, meja dapur marmer akan kurang enak dipandang sehingga mengurangi estetika dapur.

Bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan dan merawat meja dapur marmer? Dirangkum dari MyDomaine, SurfaceCo dan Bobvila, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Dikenal Elegan, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Meja Dapur Berbahan Marmer

Hindari pembersih abrasif

Marmer termasuk batu alam yang mudah dibersihkan dan dirawat. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakan segala jenis pembersih untuk membersihkan meja dapur berbahan marmer.

Pasalnya, ada beberapa jenis pembersih yang tidak disarankan untuk marmer, yaitu cuka, lemon, dan pemutih. Ketiga bahan tersebut mengandung bahan kimia yang cukup kuat, sehingga dapat mengikis marmer dan meninggalkan bekas permanen.

Selain itu, baking soda juga tidak disarankan karena bersifat abrasif dan dapat menggores marmer. Sebaiknya, cukup bersihkan meja dapur marmer dengan air bersih dan sabun, lalu lap hingga kering.

Bersihkan noda dengan segera

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cairan yang bersifat asam seperti cuka dan lemon dapat mengikis permukaan marmer.

Jadi, jika meja marmer terkena tumpahan seperti saus tomat, jus, wine, atau minuman bersoda, segera bersihkan supaya tidak mengikis permukaan marmer. Pastikan Anda menekan-nekan nodanya dengan kain supaya tidak menggores permukaan marmer.

Di sisi lain, permukaan marmer yang berpori juga membuatnya mudah menyerap cairan yang tumpah di atasnya. Jadi, jika tidak segera dibersihkan, tumpahan makanan atau minuman bisa meninggalkan bekas yang sulit hilang.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Mengurangi Sampah Saat Membersihkan Rumah

Hindarkan dari goresan

Marmer termasuk bahan yang mudah tergores. Jadi, hindari menggunakan benda tajam langsung di atas meja marmer, misalnya memotong makanan dengan pisau.

Tak hanya itu, hindari menggeser-geser benda berat di atas meja marmer. Sebab, goresan bisa muncul di meja akibat menggeser benda berat tersebut.

Jika tergores di sana-sini, permukaan meja marmer tentu tidak akan menarik lagi dan membuat dapur Anda kurang enak dipandang.

Itulah beberapa cara mudah untuk membersihkan dan merawat meja dapur berbahan marmer. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News