HOME, Keluarga

3 Alasan Kenapa Kucing Suka Menggaruk Benda

3 Alasan Kenapa Kucing Suka Menggaruk Benda

MOMSMONEY.ID - Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki kucing, kebiasaan menggaruk oleh kucing pasti bukan hal yang asing lagi. Di beberapa waktu, saat kucing menemukan bidang yang cocok, mereka akan menggarukkan kukunya. Apa alasannya?

Menggaruk barang-barang bukan berarti mereka bersenang-senang sepenuhnya. Ada alasan penting dibalik nalurinya menggaruk. Berikut 3 alasan kenapa kucing suka menggaruk benda.

Baca Juga: Amankah Anjing Minum Susu Kedelai?

Perawatan Kuku dan Otot

Kucing menggaruk dengan cakar depan dan secara teratur menyeretnya ke bawah secara bergantian. Tindakan ini disebut sebagai stropping. Ini bertujuan untuk mengendurkan dan menghilangkan kulit luar cakar yang memperlihatkan permukaan baru yang tajam di bawahnya.

Dilansir dari Icatcare.org, ini juga melatih otot-otot kaki depan dan tulang belakang untuk menjaga kucing dalam kondisi prima untuk berburu. Kucing akan memilih permukaan yang tetap untuk menahan gaya yang diberikan kucing. Bebera kucing biasanya menggaruk dengan berbaring dan menarik berat badannya di lantai.

Penanda Wilayah

Kucing yang telah menggaruk suatu benda, akan meninggalkan bekas cakaran. Ini merupakan tanda bahwa kucing telah menandai daerah kekuasaannya atau menandai sesuatu yang menjadi miliknya. Bekas cakaran tersebut juga akan menyimpan aroma dari kelenjar keringat di cakar bagian dalam kucing, sehingga kucing lain akan mengetahui informasi tersebut.

Namun, jika Anda menemukan lebih dari satu cakaran di banyak tempat di dalam rumah, kemungkinan kucing Anda menunjukkan rasa tidak aman secara umum.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Tidak Mengeong? Ini Beberapa Penyebabnya

Mencari Perhatian

Terkadang, menggaruk menjadi suatu permulaan untuk bermain atau bahkan sebagai alat untuk mencari perhatian pemilik. Kucing biasanya mempelajari perilaku positif yang diberikan pemilik dari setiap apa yang dilakukannya. Jika Anda selalu memberikan respon saat mereka menggaruk, kucing akan terus memanfaatkannya untuk bermain dengan Anda.

Sayangnya, kucing di dalam rumah alias kucing peliharaan hanya memiliki akses terbatas untuk menggaruk sesuai dengan nalurinya. Anda juga tak bisa membiarkannya saja menggaruk semua barang di rumah karena dapat menyebabkan kerusakan terhadap perabotan. Maka, ada baiknya Anda menyediakan cat scratcher untuk kucing bebas menggaruk.

Ada banyak variasi dalam fasilitas ini karena sekarang sudah dilengkapi dengan mainan yang bisa memanjakan kucing Anda bermain. Namun, perlu Anda ketahui setiap kucing ingin memiliki barangnya sendiri. Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, sebaiknya Anda memiliki lebih dari satu cat stratcher.

Selanjutnya: Ini Lama yang Dibutuhkan Kucing untuk Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News