HOME, Keluarga

Ini Lama yang Dibutuhkan Kucing untuk Tidur

Ini Lama yang Dibutuhkan Kucing untuk Tidur

MOMSMONEY.ID - Dikenal sebagai hewan yang aktif dan suka berburu, kucing rupanya memiliki jam tidur yang sangat panjang. Tak jarang orang menyebutkan kucing hewan yang pemalas karena selalu tidur. Sebenarnya, berapa lama waktu ideal yang yang dibutuhkan kucing untuk tidur?

Berburu adalah kegiatan yang sangat menguras tenaga dan membutuhkan kekuatan besar. Maka, kucing membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur dan mengumpulkan energi. Kucing sebenarnya dapat tidur di semua waktu, baik siang maupun malam. Kebutuhan tidur kucing bergantung pada usia, kesehatan, suasana hati, dan banyak lagi.

Baca Juga: Kucing Dapat Tertular Flu dari Manusia, Benarkah?

Dilansir dari modkat.com, kucing tidur rata-rata 15 jam perhari. Namun, mereka bisa tidur sebanyak 20 jam dalam kurun waktu 24 jam. Secara umum, kucing menghabiskan sebagian besar waktu tidurnya pada siang hari, karena mereka aktif pada malam hari.

Menurut usia, antara anak kucing, kucing dewasa, dan kucing tua memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda. Anak kucing membutuhkan lebih banyak tiur daripada kucing dewasa. Sebab, mereka menghabiskan banyak energi untuk tumbuh dan berkembang.

Anak kucing berusia 8-12 minggu bisa tidur hingga 20 jam per hari. Sementara itu, anak kucing yang lebih aktif saat mereka terjaga akan tidur lebih lama. Namun, Anda perlu memperhatikan apakah anak kucing tidur hampir sepanjang hari atau tampak lesu, karena kemungkinan dia sedang sakit.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Kucing Sphynx

Untuk kucing dewasa, normalnya akan tidur 15 sampai 18 jam per hari. Kucing yang aktif dan suka bermain, akan membutuhkan tidur lebih banyak pada siang hari. Kondisi cuaca juga dapat memengaruhi tidur kucing sehingga bisa tidur lebih lama.

Namun, kucing dewasa mampu beradaptasi dengan ritme harian manusia. Mereka bisa mengikuti manusia untuk tidur malam dan bangun di pagi hari.

Memasuki usia tuanya, kucing lansia mengalami banyak kesulitan bergerak dan mungkin melambat. Namun, mereka kembali menjadi anak kucing karena membutuhkan waktu tidur lama hingga 20 jam per hari.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Tidak Mengeong? Ini Beberapa Penyebabnya

Kucing yang sudah tua lebih pemilih dalam menentukan tempat tidur. Mereka suka tidur di tempat yang lembut, hangat, atau tempat baru lain yang terlihat nyaman. Namun, jika kucing tua tampak tak nyaman dalam tidurnya dan berkurang jauh waktu istirahatnya, bisa jadi itu adalah tanda-tanda hipertiroidisme. Anda disarankan untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter hewan.

Kucing Kurang Tidur

Kucing yang kurang tidur biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Kucing yang terkena cahaya alami atau buatan dalam jumlah yang tinggi, akan tidur lebih sedikit daripada kucing lain. Hal serupa juga terjadi pada kucing yang dipelihara aktif oleh pemiliknya melalui permainan dan stimulasi lainnya.

Jika Anda memberi makan kucing Anda lebih sedikit daripada biasanya, akan membuat kucing lebih sering bangun. Ini membuat waktu tidur kucing terpecah-pecah dan tidak nyenyak karena lapar. Jadi pertimbangkan hal ini sebelum mengurangi makanan kucing meski itu untuk program dietnya.

Selanjutnya: Ini Risiko yang Akan Dihadapi Jika Kelinci Dibiarkan Makan Jagung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News