2 Alternatif Pengganti Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Sumber: Penjual Cupang
Kamis, 01 Januari 1970 | 07:00 WIB
2 Alternatif Pengganti Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

ILUSTRASI. Daun Pisang  

MOMSMONEY.ID - Bagi penggemar ikan cupang, penggunaan daun ketapang pasti sudah tak asing lagi. Daun ketapang populer karena bermanfaat untuk ikan cupang dan ikan hias lainnya. Misalnya, untuk mempercantik warna sisik dan bisa menyembuhkan luka pada tubuh ikan. Anda bahkan dapat membuat ekstraknya sendiri di rumah untuk disimpan sebagai stok obat.

Pohon ketapang di Indonesia banyak ditemukan di wilayah Pulau Jawa. Namun, di wilayah Sumatera dan Kalimantan, pohon ketapang masih jarang ditemukan. Akibatnya, pemilik ikan cupang jadi sulit untuk mengobati ikannya. Akan tetapi, tetap ada solusi bagi Anda yang kesulitan mencari daun ketapang ini. Ada dua alternatif pengganti daun ketapang dan manfaat yang diperolehnya. Simak yuk!

Baca Juga: Khasiat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami untuk Ikan Hias

Daun Pisang Kering

Daun pisang cukup mudah ditemukan di mana saja. Ternyata bila dikeringkan, daun pisang juga bermanfaat untuk ikan cupang. Daun pisang bermanfaat untuk meringankan stres, meningkatkan kecerahan warna ikan, membantu mempercepat pemulihan luka, mengobati jamur, dan meningkatkan kesiapan pemijahan.

Sayangnya, tak semua jenis daun pisang bisa digunakan. Pohon pisang yang bisa dimanfaatkan daunnya ini hanya termasuk daun pisang kapok, daun pisang siam, daun pisang tanduk, dan daun pisang raja.

Cara membuat ekstraknya adalah cuci daun pisang, lalu jemur hingga kering. Setelah kering, rendam daun pisang kering ke dalam wadah berisi air secukupnya. Setelah ekstrak daun keluar, gunakan kepada ikan seperti Anda menggunakan daun ketapang.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Air Tawar Ini Bisa Dikonsumsi Sekaligus Dipelihara

Daun Jati Kering

Daun jati kering juga dapat menggantikan posisi daun ketapang. Dilansir dari Penjualcupang.com, daun jati dimanfaatkan untuk mencerahkan warna ikan cupang. Daun jati juga diyakini dapat melakukan pembersihan tinja dan bakteri yang melekat pada tubuh dan ekor ikan cupang.

Cara menggunakannya adalah daun jati yang telah dicuci, dijemur hingga kering. Setelah itu masukan daun jati kering ke wadah berisi air bersih secukupnya. Anda juga dapat merebusnya dan memberikan sedikit garam. Setelah itu berikan ekstrak ini ke dalam akuarium ikan cupang dan biarkan selama 2-3 hari di tempat yang gelap. Setelah 3 hari berlalu, pindahkan ikan cupang ke air yang jernih. Jemur ikan cupang kurang lebih 10 menit.

Selanjutnya: Perhatikan Kondisi Air saat Pelihara Ikan di Akuarium

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru