CLOSE [X]
ads

Ikan Hias Peliharaan Anda Malas Makan? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Sumber: Fish Care Guide
Senin, 16 Mei 2022 | 12:30 WIB
Ikan Hias Peliharaan Anda Malas Makan? Ini 6 Cara Mengatasinya!

ILUSTRASI. Bagaimana Cara Mengatasi Ikan Hias yang Menolak Makan? Ini 6 Tipsnya!


MOMSMONEY.ID - Tentunya akan menjadi masalah, bila ikan hias Anda tidak mau makan. Sebab, ikan yang menolak makan bisa jadi merupakan tanda bahwa ikan sedang stres atau mengidap suatu penyakit.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak meremehkan dan segera mengatasinya. Sebelum mengatasinya, Anda juga perlu mengetahui penyebabnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan ikan tidak nafsu makan.

Di antaranya karena masalah kualitas air akuarium yang tidak baik atau ikan bosan dengan makanannya. Jika Anda sudah menemukan apa penyebabnya, Anda bisa mulai mengatasinya. Nah, ini 6 tips mengatasinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Menyebabkan Ikan Hias Akuarium Tidak Mau Menyantap Makanannya

Memastikan Ikan Sehat dan Nyaman

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi ikan yang tidak mau makan adalah memastikan semua ikan di akuarium sehat dan nyaman. Dilansir dari Fish Care Guide, Anda mungkin harus menyiapkan akuarium karantina terpisah untuk ikan yang sakit, terluka, hamil, atau sangat agresif untuk melindungi ikan yang lain.

Sebab, saat ada masalah terjadi, ikan harus dipisahkan agar tidak memengaruhi ikan lainnya. Anda juga harus mengeluarkan ikan dari akuarium saat menemukan masalah lain yang disebabkan oleh parameter airnya. Misalnya, air mengandung bahan kimia tertentu, air terlalu dingin atau panas, dan sebagainya.

Jaga Kondisi Air di Dalam Akuarium Tetap Baik

Air akuarium yang kotor dapat disebabkan oleh kotoran ikan itu sendiri atau sisa-sisa makanan yang tidak termakan. Ini menyebabkan kadar amoniak menjadi nak dan menyebabkan masalah pada ikan, salah satunya tidak mau makan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga selalu kondisi air di akuarium, membersihkan akuarium secara berkala, dan menyediakan filterasi untuk menjaga kebersihan air. Kondisi dan kualitas air yang baik akan membuat ikan nyaman dan sehat, sehingga mereka makan dengan lahap.

Gunakan Heater untuk Akuarium

Salah satu penyebab ikan tidak mau makan bisa jadi karena airnya terlalu dingin atau terlalu panas. Gunakan heater untuk menjaga suhu air tetap stabil. Biasanya, ikan hias akuarium menyukai suhu air 28-29 derajat Celcius. Heater juga dapat mencegah stres pada ikan.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru