HOME, Bugar

Campuran Cuka Apel, Kunyit, Dan Lemon Bisa Membantu Menurunkan Asam Urat Tinggi

Campuran Cuka Apel, Kunyit, Dan Lemon Bisa Membantu Menurunkan Asam Urat Tinggi

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi ditandai dengan sejumlah gejala salah satunya nyeri di salah satu bagian tubuh. Campuran cuka apel, kunyit, dan lemon bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Asam urat penyakit yang umum di derita masyarakat tanah air. Penyakit ini bisa menyerang laki-laki dan perempuan. 

Baca Juga: Anda penderita asam urat? Cabai jawa bermanfaat menurunkan asam urat tinggi

Asam urat tinggi ditandai dengan rasa nyeri dan bengkak di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki. 

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. 

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekedar info, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju. 
 
Penyakit asam urat harus segera ditangani. Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. 

Namun, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar asam urat tinggi.

Campuran cuka apel, kunyit, dan lemon bisa menurunkan asam urat tinggi 

Sudah bukan rahasia bila cuka apel memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menurunkan asam urat tinggi.  Tidak hanya cuka apel, lemon dan kunyit juga memiliki khasiat menurunkan asam urat tinggi. 

Melansir dari Fame.grid.id, campuran ketiga bahan di atas bisa membantu menurunkan asam urat tinggi. Dengan catatan, Anda mengonsumsinya secara rutin dan sesuai takaran. 

Untuk membuat ramuan herbal penurun asam urat tinggi tersebut cukup mudah. Anda campurkan air perasan lemon (setengah buah) ke dalam air hangat.

Kemudian, Anda tambahkan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel. Aduk rata, Anda minum ramuan tersebut dua sampai tiga kali sehari 

Asal tahu saja, cuka apel yang dicampur dengan kunyit dan cuka apel juga baik dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet. 

Sebab, campuran tersebut bisa mengurangi nafsu makan dan menyehatkan usus.

Baca Juga: Luar biasa! Air jeruk nipis bisa membantu menurunkan asam urat tinggi

Selanjutnya: Tidak ingin asam urat kumat? Hindari 4 jenis minuman ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News