HOME, Keluarga

Yuk Simak, Ini Caranya Memilih Kulkas Sesuai Kebutuhan

Yuk Simak, Ini Caranya Memilih Kulkas Sesuai Kebutuhan

MOMSMONEY.ID - Dewasa ini, rasanya nyaris tidak mungkin kita menjumpai rumah tanpa kulkas, apalagi di daerah perkotaan.

Alat rumah tangga yang satu ini memang cukup vital dalam menunjang kegiatan masak-memasak di rumah. Tidak hanya untuk mendinginkan makanan dan minuman, tapi kulkas juga dapat membantu menjaga supaya bahan makanan tidak mudah basi.

Karena perannya yang cukup penting, memilih kulkas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tentu sudah menjadi hal yang wajib.

Masalahnya, bagaimana cara menentukan kulkas seperti apa yang cocok dengan kebutuhan? Apa saja yang harus diperhatikan saat memilih kulkas?

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Dinding Rumah Berjamur, Tidak Sulit Kok!

Jika Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan tersebut, jangan khawatir. Yuk, simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih kulkas yang tepat untuk Anda!

Pertimbangkan area yang akan ditempati kulkas

Sebelum memilih kulkas, Anda perlu memperhatikan area yang akan ditempati oleh kulkas, misalnya dapur. Dikutip dari Consumer Reports, tahap ini penting karena menentukan ukuran kulkas yang cocok, serta menentukan apakah kulkas bisa digunakan secara maksimal oleh penghuni rumah.

Jadi, ukurlah area yang akan ditempati oleh kulkas, mulai dari panjang, lebar, hingga kedalaman area tersebut. Jangan lupa untuk mempertimbangkan area yang dibutuhkan untuk membuka pintu dan laci kulkas dengan mudah.

Pertimbangkan daya listrik

Melansir Archify, kulkas adalah salah satu alat rumah tangga yang akan mengonsumsi listrik secara terus-menerus. Jadi, daya listrik kulkas perlu dipertimbangkan supaya pemakaian listrik di rumah aman dan tidak mudah anjlok.

Jika memungkinkan, pilihlah kulkas dengan fitur low watt atau fitur inverter yang menghasilkan lebih sedikit energi, sehingga pemakaian listrik di rumah akan lebih hemat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Rice Cooker Philips, Ada yang Versi Digital!

Pertimbangkan kapasitas dan ruang penyimpanan

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan kapasitas kulkas dan ruang penyimpanan yang disediakan. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebiasaan Anda dalam menyimpan bahan-bahan makanan di kulkas.

Menurut Whirlpool, ada beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan, misalnya jumlah anggota keluarga dan banyaknya bahan makanan yang disimpan, jenis-jenis bahan makanan yang sering digunakan, hingga bentuk botol atau kotak penyimpanan makanan yang digunakan.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Makan ala Feng Shui, Makan Bersama Makin Menyenangkan

Pertimbangkan fitur tertentu

Di zaman modern seperti sekarang, Anda akan menjumpai kulkas dengan berbagai macam fitur yang canggih, misalnya dispenser air dan es, dukungan aplikasi pintar, rak kaca tempered, hingga teknologi untuk menjaga kesegaran makanan.

Memang, semua teknologi dan fitur tersebut terdengar sangat keren dan meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan kulkas. Namun, Anda tetap perlu bijak dalam memilah fitur apa saja yang diperlukan sehingga uang yang dikeluarkan tidak akan sia-sia.

Pertimbangkan desain dan penampilan

Poin terakhir ini memang bersifat personal, tapi dampaknya bisa berpengaruh terhadap penggunaan kulkas di rumah. Jadi, pilihlah kulkas dengan desain dan tampilan yang dirasa akan cocok dengan tema rumah dan selera Anda.

Misalnya, jika rumah Anda memiliki tema minimalis, pilihlah kulkas dengan desain simpel dan warna netral. Sebaliknya, jika Anda suka rumah yang ceria dan penuh warna, coba pilih kulkas yang berwarna-warni dengan permukaan glossy yang cantik dan elegan.

Itulah tips untuk memilih kulkas yang cocok dengan kebutuhan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News