kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk Simak 6 Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui


Kamis, 04 Mei 2023 / 12:30 WIB
Yuk Simak 6 Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat lada hitam untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda ada berbagai manfaat lada hitam untuk kesehatan tubuh? Manfaat lada hitam untuk kesehatan tubuh mungkin tidak sepopuler jenis rempah lainnya. Namun, ada juga manfaat lada hitam yang menarik untuk diketahui dan sayang jika dilewatkan.

Banyaknya manfaat lada hitam untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut di antaranya seperti serat, karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, vitamin A dan masih banyak lagi. 

Selain itu, lada hitam juga termasuk salah satu rempah-rempah yang cukup digemari. Tak jarang, lada hitam kerap digunakan untuk berbagai masakan dan makanan.

Baca Juga: 6 Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Jangan Lewatkan!

Lantas apa saja manfaat lada hitam untuk kesehatan?

Melansir dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat lada hitam untuk kesehatan yang menarik diketahui:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat lada hitam untuk kesehatan yang penting diketahui adalah mampu mengurangi risiko kanker. Lada hitam mengandung vitamin C, vitamin A, flavonoid, karoten, dan anti oksidan lainnya yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya serta melindungi tubuh dari kanker.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Daun Singkong yang Telah Terbukti Klinis, Apa Saja?

2. Melancarkan Pencernaan

Lada hitam juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, lada hitam mengandung
asam klorida yang membantu mencerna protein dalam makanan. Jadi sedikit lada hitam dalam makanan sebenarnya akan membantu Anda mencernanya lebih cepat.

3. Meredakan Pilek

Lada hitam bersifat antibakteri, sehingga membantu menyembuhkan pilek dan batuk. Satu sendok teh madu dengan lada hitam kerap dimanfaatkan untuk meredakan pilek dan batuk. 

Selain itu, lada hitam juga mengandung cukup banyak vitamin C yang berperan sebagai antibiotik alami.

Baca Juga: 5 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat lada hitam untuk kesehatan tubuh yang tak kalah hebat adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, kandungan dalam lada hitam mampu meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran lemak bisa semakin cepat.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain cocok untuk diet, lada hitam juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Ekstrak dan bubuk lada hitam baik kulit dan bisa membuat kulit tampak lebih cerah serta terhindari dari tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Punya Banyak Antioksidan, Ini 5 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

6. Mengurangi Depresi

Manfaat lada hitam untuk kesehatan tubuh yang terkahir adalah dipercaya mampu mengurangi depresi. Pasalnya, mengkonsumsi lada hitam mampu merangsang otak dan membantunya berfungsi dengan baik dengan membuatnya lebih aktif.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat lada hitam satu ini. Demikian, beberapa manfaat lada hitam untuk kesehatan yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×