HOME, Bugar

Yuk Moms, Pahami Gejala Batuk Berdahak

Yuk Moms, Pahami Gejala Batuk Berdahak

MOMSMONEY.ID - Di tengah musim hujan seperti sekarang batuk memang rawan menyerang semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Apalagi kalau ada satu anggota keluarga yang terkena, bisa-bisa juga menularkan ke anggota keluarga yang lain. 

Kalau sampai terjadi, pasti pusing ya moms. Nah agar kondisi tidak berlarut-larut, kita harus jeli memilih kandungan obat batuk yang tepat. Selain ampuh, harus dipastikan pula kandungannya aman untuk seluruh anggota keluarga. 

Dokter spesialis anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. Shirley, Sp. A mengatakan masyarakat khususnya para ibu harus cermat membedakan fungsi dan kandungan bahan dalam obat batuk, agar mendapatkan khasiat sesuai dengan penyakit yang diderita. Langkah pertama anda bisa memilih obat yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar lebih aman dikonsumsi. 

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini Gejala Awal Penyakit Asma pada Anak

Kemudian terkait kandungannya, dokter Shirley bilang pada dasarnya ada 3 bahan yang terkandung dalam obat batuk berdahak. Di antaranya Paracetamol, Ephedrine HCl, Guaifenesin dan Chlorphenamine maleate. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Paracetamol yang bertugas meredakan nyeri, Ephedrine HCl bekerja untuk melegakan saluran nafas, Guaifenesin berperan membantu mengencerkan dahak dan Chlorphenamine maleate sebagai antihistamin (anti alergi). Menurutnya dengan memilih obat batuk yang tepat juga bisa membantu meringankan gejala-gejala yang menyertai.

"Misalnya demam, pilek dan sakit kepala," ujarnya.

Dikutip dari laman Healthline, batuk berdahak umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Saat virus menginfeksi saluran pernapasan, seperti ketika pilek atau flu, tubuh akan menghasilkan lebih banyak lendir. Lendir itulah yang akhirnya menjadi menghambat perkembangan infeksi. Selain itu, lendir juga berfungsu untuk menjaga saluran udara tetap lembab dan melindungi paru-paru dari iritasi. 

Baca Juga: Waspadai! Inilah Gejala Depresi yang Kerap Dialami Remaja

Salah satunya produk obat batuk berdahak yang bisa anda coba adalah PIM-TRA-KOL.Obat ini sudah hadir dan dipercaya sejak tahun 1980-an. PIM-TRA-KOL tersedia dalam dua varian rasa yaitu rasa lemon dan cherry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News