HOME, Bugar

Yuk, Mengenal Vaksin Sinopharm yang Direkomendasikan WHO

Yuk, Mengenal Vaksin Sinopharm yang Direkomendasikan WHO

MOMSMONEY.ID - Vaksin Sinopharm telah resmi menjadi salah satu vaksin yang akan dipakai oleh masyarakat Indonesia. WHO juga telah merekomendasikan Vaksin Sinopharm ini sebagai salah satu vaksin yang bisa dipakai masyarakat banyak di seluruh dunia.

Tapi, seberapa banyak informasi mengenai vaksin ini? Untuk itu, mari berkenalan dengan Vaksin Sinopharm.

Mengutip Who.int dalam artikelnya yang berjudul WHO list additional COVID-19 vaccine fo emergency use and issues interim policy recommendations, Vaksin Sinopharm adalah vaksin buatan negara China yang diproduksi oleh Beijing Bio-Institute of Biological Products. Efektivitas vaksin ini diperkirakan sekitar 79% bagi mereka di kelompok usia gabungan yang bergejala maupun di rawat inap.

Baca Juga: Mengenal Song Kang, Butterfly Man dari Drama Nevertheless

Dilansir MomsMoney melalui NyTimes.com, Sinopharm telah dipakai di berbagai negara sebagai uji coba fase ke-3 seperti pada negara Moroko dan Peru. Sementara negara-negara yang menerima Sinopharm sebagai vaksin darurat adalah Uni Emirat Arab, China, Dubai, Bahrain, Mesir, dan Hungaria.

Lalu pada 7 Mei lalu, Sinopharm mendapatkan akses EUL atau the Emergency use listing yang boleh digunakan oleh negara-negara lain. Sebelumnya, WHO juga telah memperbolehkan beberapa penggunaan vaksin lainnya seperti: vaksin Pfizer, vaksin Oxford COVID-19, vaksin Astra Zeneca-SK Bio, the Serum Institute of India, dan vaksin Ad26.COV2.S dari Jannsen (Johnson & Johnson).

Menurut WHO dalam artikel berjudul the Sinopharm Covid-19 Vaccine What You Need To Know dijelaskan bahwa WHO belum merekomendasikan penggunaan vaksin Sinopharm pada usia dibawah 18 tahun. WHO baru merekomendasikan vaksin ini pada mereka di kelompok usia 18-59 tahun.

Lalu apakah vaksin Sinopharm aman bagi ibu menyusui?

WHO telah merekomendasikan penggunaan vaksin Sinopharm bagi ibu menyusui. Efektivitasnya diharapkan akan setara dengan efektivitas penggunaan vaksin ini bagi perempuan dewasa lainnya.

WHO juga menyatakan bahwa mereka tidak merekomendasikan penghentian aktivitas menyusui setelah melakukan vaksin yang satu ini.

Baca Juga: 5 Ide Mengolah Daging Kurban Menjadi Berbagai Masakan Lezat

Bagaimana dengan Wanita Hamil?

Hingga saat ini, WHO serta pihak-pihak terkait masih menyelidiki efektivitas dan keamanan vaksin bagi wanita hamil. Namun sementara, WHO merekomendasikan vaksin Sinopharm bagi wanita hamil jika Sinopharm bagi wanita hamil tersebut dirasa akan lebih memberi manfaat daripada risikonya ketika ibu hamil terkena Covid-19.

Namun tentunya, petugas kesehatan harus tetap memberikan informasi lebih lanjut kepada wanita hamil tersebut agar mengetahui apa saja risiko-risiko yang akan terjadi pada wanita hamil ketika dinyatakan positif Covid-19 agar mereka mengetahui apa saja manfaat dan risiko yang akan terjadi ketika memutuskan untuk divaksin atau tidak.

WHO juga tidak merekomendasikan penundaan kehamilan akibat melakukan / ingin melakukan vaksinasi dari vaksin Sinopharm ini.

Selanjutnya: Bagian pada Daging Sapi yang Paling Enak Dikonsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News