HOME, Santai

Yuk, Mengenal Istilah Deep Sleep dan Manfaatnya Bagi Tubuh dan Otak

Yuk, Mengenal Istilah Deep Sleep dan Manfaatnya Bagi Tubuh dan Otak

MOMSMONEY.ID - Istilah deep sleep tentunya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Deep sleep merupakan hal yang kerap disebut dengan tidur nyenyak.

Deep sleep menurut laman Health Line adalah kondisi fase tubuh dimana kondisi tubuh dan otak mulai menurun dan beristirahat dengan sepenuhnya.

Sehingga tentunya kondisi ini menyebabkan munculnya perasaan lega dan rileks setelah aktivitas tidur.

Baca Juga: Yuk, Kenali Tanda-Tanda Kulit yang Mengalami Over Eksfoliasi

Deep sleep terjadi pada bagian akhir dari tahapan tidur non REM. Proses ini berlangsung sebelum akhirnya memasuki fase REM dimana biasanya proses deep sleep sudah terjadi

Deep sleep memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh dan otak. Salah satunya adalah bisa membantu meningkatkan konsolidasi memori. 

Seperti yang dilansir dari laman Master Class, konsolidasi memori bisa terjadi ketika berada dalam kondisi deep sleep.

Hal ini dikarenakan proses lambatnya metabolisme tubuh yang disimpan sebagai energy di esok harinya. Sehingga proses ini bisa membantu tubuh untuk meningkatkan kembali  memori jangka panjang dan pendek.

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Tempat Ini Bisa Jadi Sarang Nyamuk di Rumah

Laman Health Line juga menyampaikan manfaat lain dari deep sleep adalah bisa membantu menguatkan imun tubuh. Di samping itu, manfaat lainnya adalah bisa membantu tubuh untuk meningkatkan aliran darah ke otot.

Regenerasi sel juga bisa terjadi saat berada dalam kondisi deep sleep. Hormon-hormon dalam tubuh juga akan berkembang dan diperbaiki saat berada dalam tahapan deep sleep. 

Sehingga proses perbaikan ini terjadi lebih sempurna karena tubuh dan otak berada dalam kondisi istirahat penuh.

Di samping itu, mendapatkan lebih banyak energy juga bisa diperoleh ketika tubuh mengalami deep sleep. Saat tubuh beristirahat penuh maka tubuh dan otak akan sepenuhnya beristirahat dan menyimpan energy untuk dipakai setelahnya.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa setelah mengalami deep sleep tubuh bisa menjadi lebih bertenaga dan penuh energy. 

Selanjutnya: Perhatikan Waktu Terbaik Memandikan Kucing untuk Mencegahnya Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News