BisnisYuk

Yuk Liburan Sambil Cari Cuan Lewat Usaha Jastip

Yuk Liburan Sambil Cari Cuan Lewat Usaha Jastip

MOMSMONEY.ID - Liburan tak selalu buang-buang uang. Bisa saja dengan liburan, Anda mendapatkan tambahan penghasilan lewat usaha jasa titip alias jastip. 

Menurut Shierly, perencana keuangan Finansialku, ide liburan sambil berbisnis jastip adalah cara yang cerdas. Namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

Pertama, tentukan target pembeli dan daftar produk yang ingin di tawarkan pada jastip sebelum berangkat. Kedua, cek penjual yang berpotensi memberi penawaran harga dan kualitas barang terbaik. 

Saran Shierly, untuk harga, cek harga produk tersebut di pasar dalam negeri maupun marketplace. "Biar tahu kisaran batas atas harga jual produk jastip Anda," saran Shierly. 

Baca Juga: Mau Liburan Nyaman? Ya, Nabung Duluan

Lalu hitung biaya modal. Adapun hitungannya biaya pembelian dikalikan kuantitas dan dikalikan kurs. 

Kemudian tetapkan toleransi keuntungan kita mau di berapa. "Anda bisa menggunakan persentase profit margin tertentu, fee jastip tetap, atau menggunakan kurs tetap untuk harga jual ke buyer," ungkap Shierly. 

Menurutnya  selama  harga jualnya tidak melebihi batas jual pesaing Anda di pasar lokal maupun marketplace tetap akan diminati. 

Yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kapasitas bagasi dan aturan bea cukai. Shierly mengingatkan jangan sampai barnag tertahan di bea cuka dan jangan sampai keuntungan tergerus karena harus mengeluarkan biaya ekstra bagasi. 

Tentunya Anda harus menyipkan budget lebih sebagai modal jastip dan dana liburan. "Atau jika modal jastip terbatas, maka calon buyer bisa bayar DP dulu sebagai modal jastip Anda," kata Shierly. 

Hal yang penting lainnya adalah mengomunikasin dengan rekan liburan. Pasalnya, untuk usaha ini perlu alokasi waktu yang lebih, energi, serta biaya transportasi yang tidak sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News