Yuk, Konsumsi Makanan Ini untuk Mengatasi Mulut Kering

Reporter: Rizka Noveliana
Rabu, 29 Desember 2021 | 15:25 WIB
Yuk, Konsumsi Makanan Ini untuk Mengatasi Mulut Kering

ILUSTRASI. Yuk, Konsumsi Makanan Ini untuk Mengatasi Mulut Kering. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


MOMSMONEY.ID - Mulut kering tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman, berbicara dengan teman juga terasa tidak percaya diri. 

Mulut yang kering biasanya disebabkan kurangnya produksi air liur. Sebaiknya Anda mengonsumsi air putih hingga 8 gelas setiap hari.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan ini untuk mengatasi mulut kering. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, berikut makanannya, yaitu: 

1. Sayuran Kenyal

Wortel

Makanan untuk mengatasi mulut kering pertama adalah sayuran bertekstur kenyal. Sayuran yang memiliki tekstur kenyal dapat merangsang produksi air liur.

Sayuran seperti wortel, mentimun dan seledri memiliki banyak kandungan air untuk menjaga kelembapan mulut Anda. Mengonsumsi sayuran tidak hanya baik untuk kesehatan mulut, tetapi juga kecantikan kulit. 

2. Keju

Keju mozarella

Selanjutnya, makanan mengatasi mulut kering yaitu keju. Keju mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan mulut. Keju mampu menetralkan keasaman air liur di mulut sekaligus bisa menambah produksi air liur.

Selain itu, keju juga mengandung mineral untuk kesehatan gigi karena terdapat protein dan kalsium di dalam keju.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Jerawat Punggung yang Harus Dipahami

3. Apel

Buah Apel

Makan apel dapat merangsang aktivitas kelenjar yang memproduksi air liur. Hal ini akan membuat mulut Amda menjadi lembap. Selain mengunyah buah apel, jus apel juga bisa menjadi pilihan untuk melembapkan mulut.

Namun, kandungan asam dari apel dapat merusak gigi. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih setelah mengonsumsi apel agar keseimbangan pH di mulut tetap terjaga.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas

Makanan mengatasi mulut kering lainnya adalah makanan pedas. Saat mengonsumsi makanan pedas, kelenjar air liur akan terangsang. Hal ini juga dapat mengatasi mulut yang terasa kering.

Sebenarnya Anda tidak perlu memakan cabai atau sambal secara langsung untuk menciptakan rasa pedas. Anda bisa menambahkan jahe atau merica di makanan yang akan Anda konsumsi agar terasa pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER