Bugar

Yuk, Ketahui 4 Cara Memilih Pelembab untuk Kulit Sensitif!

Yuk, Ketahui 4 Cara Memilih Pelembab untuk Kulit Sensitif!

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pemilik kulit sensitif? Memilih produk skincare perlu hati-hati, khususnya pelembab. Jenis kulit ini membutuhkan perawatan yang cermat dan tidak boleh sembarangan.

Supaya tidak mengalami masalah kulit yang buruk. Sebelum menentukan produk pelembab yang akan digunakan, cari tahu cara memilih produk pelembab untuk kulit sensitif di bawah ini. Mengutip dari olay.co.id, simak penjelasannya!

1. Hindari Produk Pewangi

Cara pertama memilih pelembab untuk kulit sensitif adalah hindari produk pewangi. Bagi kulit sensitif memang cenderung disarankan untuk memilih produk perawatan kulit dan juga makeup yang tidak mengandung pengharum termasuk diantaranya parfum serta beberapa jenis minyak esensial alias essential oils.

2. Hindari Terbujuk Label Marketing

Selanjutnya, cara memilih pelembab untuk kulit sensitif yaitu hindari terbujuk oleh label marketing. Walaupun memang banyak produk skincare yang dijual khusus untuk kulit sensitif, namun belum tentu cocok dengan jenis kulit yang dimiliki. 

Dengan kata lain, apa yang cocok bagi orang lain belum tentu sesuai pula untuk diri Anda. Jangan hanya ikut-ikutan teman atau latah membeli apa pun yang direkomendasikan oleh para influencer. Hindari hanya mengandalkan jargon seperti hypoallergenic, all-natural, atau bahkan "for sensitive skin" sekalipun.

Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti saat membaca daftar komposisi yang ada dibelakang kemasan produk kecantikan. Dan ingat, bahan alami seperti rempah-rempah tertentu bukan berarti tidak bisa memicu reaksi alergi seperti gatal-gatal atau bengkak.

Baca Juga: Ini 4 Kesalahan Umum dalam Berhubungan Seks dengan Pasangan! Intip Yuk!

3. Menggunakan Pembersih Berbahan Lembut

Berikutnya, menggunakan pembersih berbahan lembut. Pastikan Anda memilih pembersih yang bebas dari senyawa yang berisiko memicu iritasi. Beberapa formulasi yang harus Anda hindari meliputi asam salisilat, exfoliant seperti AHA maupun BHA, alkohol, bahkan sampai dengan microbeads sekalipun.

Sebaiknya, jauhi pula facial cleanser yang mengandung sabun karena bisa berpotensi bikin kulit Anda dehidrasi. Namun, hindari juga mencuci muka terlalu sering agar wajah tidak terasa kering ataupun kasar.

4. Memilih Pelembab yang Tepat

Terakhir, pilih pelembab yang tepat. Setelah mencuci muka, segera aplikasikan pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Wajah dengan tipe kulit sensitif umumnya akan lebih aman jika menggunakan krim yang memiliki daftar komposisi yang sedikit mungkin.

Artinya, semakin kecil kemungkinan produk tersebut mengandung iritan yang berpotensi buat kulit kemerahan atau inflamasi. Pada kulit sensitif, kandungan pelembab wajah yang bisa Anda coba, yaitu lidah buaya, chamomile, atau teh hijau boleh dicoba. Selain itu, komposisi seperti hyaluronic acid, ceramide, ataupun glycerin juga umumnya ampuh untuk mengunci kelembapan alami wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News