HOME, Santai

Yuk, Kenali Tanda-Tanda Kulit yang Mengalami Over Eksfoliasi

Yuk, Kenali Tanda-Tanda Kulit yang Mengalami Over Eksfoliasi

MOMSMONEY.ID - Eksfoliasi merupakan salah satu step dalam tahap perawatan wajah yang memiliki peran penting. Eksfoliasi bisa membantu kulit tetap terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

Tentu saja karena dalam proses ini kulit mati yang ada di permukaan wajah hingga yang ada di dalam lapisan kulit diangkat melalui proses kimia.

Eksfoliasi hanya bisa dilakukan 1-2 kali seminggu saja. Jangan lebih dari itu karena khawatir kulit anda mengalami over eksfoliasi. Nah, bagaimana mengetahui jika kulit sedang dalam kondisi over eksfoliasi? Berikut ini adalah tanda-tandanya.

Baca Juga: Ketahui Manfaat & Cara Membuat Lulur Boreh, Perawatan Kecantikan Kulit Khas Bali

Iritasi dan kemerahan

Tanda utama yang bisa dilihat dari over eksfoliasi ini adalah munculnya iritasi dan kemerahan pada kulit. Biasanya kondisi ini terjadi ketika menggunakan cara eksfoliasi dengan bahan kimia.

Melansir dari laman Beauty Med, jika kemerahan tidak berhenti selama beberapa hari maka penggunaan produk eksfoliasi bisa saja terlalu keras dan merusak skin barrier. Sehingga sebaiknya untuk segera mengganti produk dengan komposisi yang lebih ringan.

Jerawat

Jerawat ringan, breakout, atau purging bisa jadi salah satu tanda kulit yang sedang mengalami over eksfoliate. Hal ini disebabkan karena rusaknya lapisan kulit yang tereksfoliasi berlebih.

Biasanya pembengkakan ini terjadi dan menimbulkan jerawat yang besar hingga berkelompok. Serta biasanya bertahan dengan lebih lama sembuhnya. Sehingga ketika sudah mulai muncul jerawat breakout sebaiknya mulai mengurangi intensitas eksfoliasi.

Baca Juga: Tak Hanya Susu Kedelai, Ini Dia Ragam Pilihan Susu Non Dairy Lainnya

Kulit kering

Melansir dari laman Health Shots, eksfoliasi yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit terasa lebih kering dan pecah-pecah.

Eksfoliasi yang berlebihan bisa membuat kulit kehilangan kelembapan alami yang menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Sehingga kulit bisa terasa lebih kering, patchy, dan seperti pecah-pecah.

Kulit berminyak

Selain kulit kering, over eksfoliasi juga bisa membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Hal tersebut diakibatkan karena kulit memproduksi kembali minyak yang hilang akibat proses eksfoliasi yang berlebih.

Ketika minyak alami  di kulit hilang karena proses eksfoliasi berlebih maka kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk membuatnya lembap kembali secara alami.

Selanjutnya: Promo Traveloka 11.11 Deals, Kupon Diskon Rp110.000 dengan Promo Bank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News