HOME, Santai

Yuk, Kenali Hormon Bahagia di Tubuh dan Cara Meningkatkannya

Yuk, Kenali Hormon Bahagia di Tubuh dan Cara Meningkatkannya

MOMSMONEY.ID - Dalam tubuh manusia terdapat banyak sel yang membentuk hormon. Menurut Wikipedia, hormon ini memiliki fungsi sebagai pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar kelompok sel.

Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan cairan sel untuk mencari sel target. Ketika hormon menemukan sel target ia akan mengikat protein dan mengirim sinyal. Nantinya sinyal tersebutlah yang akan mempengaruhi ekspresi genetik atau aktivitas seseorang.

Salah satunya adalah berperan dalam mengatur mood seseorang. Termasuk di dalamnya ada hormon yang mengatur hormon kebahagiaan. Berikut ini adalah jenis hormon kebahagiaan dan cara merangsangnya.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Munculnya Mood Swings dan Cara Mencegahnya

Dopamin

Dopamin adalah hormon yang akan membuat perasaan semangat dan termotivasi untuk belajar. Selain itu dopamine juga berperan dalam meningkatkan semangat untuk mengejar sesuatu atau cita cita.

Untuk meningkatkan kadar hormon yang mengatur memori kebahagiaan ini dapat dilakukan dengan berolahraga dan meditasi. Selain itu dengan membayangkan masa depan yang baik dan cita-cita serta melakukan hal yang disukai bisa merangsang hormon dopamine. 

Oksitosin

Oksitosin adalah jenis hormon yang bisa membuat rasa percaya terhadap orang lain meningkat. Hormon oksitosin ini berperan dalam hal membangun hubungan dengan orang lain seperti bersahabat, keluarga ataupun pacaran.

Oksitosin kerap disebut sebagai hormon cinta karena sering muncul ketika sedang jatuh cinta. Untuk merangsang munculnya hormon ini bisa dilakukan dengan bersentuhan fisik, proses menyusui atau membangun bonding dengan anak, mendengarkan musik, dan bersosialisasi dengan orang lain.

Baca Juga: Praktekkan Tips Ini Agar Serotonin Bisa Meningkat Secara Alami

Serotonin

Serotonin memiliki sifat yang hampir mirip dengan dopamine. Hormon ini bisa membantu diri untuk merasa penting, puas dan berharga. 

Serotonin juga berperan dalam mempengaruhi siklus tidur, nafsu makan, pencernaan, dan daya ingat. Untuk meningkat hormon ini bisa dilakukan dengan cara mendapatkan cahaya matahari pagi, olahraga, pijat, maupun mandi dengan air dingin.

Endorfin

Hormon ini bisa memberikan perasaan euphoria singkat, mengurangi rasa stress dan cemas, serta depresi. Hal ini karena hormon endorfin dikenal sebagai hormon pereda rasa sakit atau nyeri.

Endorfin bisa ditingkatkan dengan melakukan latihan fisik atau peregangan yang membuat tubuh merasa rileks. Selain itu tertawa dan menangis juga bisa membantu meningkatkan kadar hormon ini. 

Selanjutnya: Tak Hanya Dune, Berikut Ini Deretan Film yang Dibintangi Timothee Chalamet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News