HOME, Santai

Yuk, Kenali Fenomena Ghosting yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

Yuk, Kenali Fenomena Ghosting yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

MOMSMONEY.ID - Fenomena ghosting masih hangat untuk diperbincangkan terutama ketika membicarakan tentang kehidupan percintaan muda mudi masa kini. Bukan hanya satu atau dua orang saja yang pernah mengalami fenomena ini namun hampir semua muda-mudi pernah merasakan perasaan di ghosting ini.

Ghosting sendiri adalah ekspresi yang digunakan dalam dunia dating sebagai fase dimana seseorang yang terbiasa menjalin hubungan romantis atau dekat dengan Anda tiba-tiba saja memutus seluruh jenis komunikasi yang Anda miliki dengannya tanpa ada alasan. 

Fenomena ini sendiri sebenarnya tak hanya terjadi dalam dunia percintaan saja, namun dalam segala aspek kehidupan, ghosting juga dapat terjadi atau Anda alami. Dalam hal percintaan sendiri jika Anda mengalami kejadian ini Anda mungkin akan merasa sangat bingung, sedih, bahkan membuat Anda merasa overthinking dengan diri Anda sendiri.

Baca Juga: Konsumsi Rempah Ini untuk Redakan Masalah Perut Anda

Melansir dari halaman Medicine Net, Ghosting muncul semenjak trend menggunakan dating apps atau aplikasi kencan seperti Tinder, Bumblee, OkCupid, dan banyak lainnya lagi mulai banyak diminati. Karena merasa tidak cocok dengan seseorang pada suatu titik membuat lebih mudah untuk menggantung atau me-ghosting seseorang. Dan kembali mencari teman baru di aplikasi kencan.

Psychology Today pada lamannya mengatakan bahwa ghosting akan memberikan efek yang serius terhadap mental seseorang. Penolakan sosial yang diterima oleh seseorang yang di ghosting ternyata memiliki efek yang dapat menimbulkan efek sakit secara mental yang sama seperti sakit secara fisik. Selain itu tentu saja ghosting menjadi hal yang sangat menyakitkan jika itu terjadi pada Anda. 

Selain itu ternyata ghosting merupakan silent treatment yang masuk dalam kekerasan emosional karena membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya, berfokus pada mencari tahu kesalahan diri sendiri, dan tidak akan bisa menemukan jawabannya. Jadi jika Anda bermaksud untuk meninggalkan seseorang, ada baiknya untuk memberikan penjelasan daripada meninggalkan tanpa alasan dan mempengaruhi mental orang tersebut.

Medicine Net dalam lamannya juga menyatakan bahwa 50% orang dalam dunia dating pernah mengalami fenomena ghosting atau melakukan ghosting. Tidak ada personality secara spesifik yang dapat Anda kenali dari seseorang yang melakukan ghosting. Karena makin kemari, lebih mudah untuk memutus kontak dengan seseorang daripada harus menghadapi permasalahan tersebut.

Selanjutnya: Kenali Empat Elemen Astrologi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News