kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk Kenali 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Sabtu, 04 Februari 2023 / 22:42 WIB
Yuk Kenali 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian. Selain itu, ada berbagai manfaat kentang untuk kesehatan yang penting untuk diketahui.

Banyaknya manfaat kentang untuk kesehatan tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu, kandungan nutrisi dalam kentang tersebut kebanyakan dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam kentang di antaranya seperti karbohidrat, serat, potasium, protein, vitamin C, vitamin B6, folat dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Selain memiliki berbagai macam manfaat, kentang juga termasuk sayuran atau umbi-umbian yang cukup populer di Indonesia. Tak jarang kentang kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Lantas apa saja manfaat kentang untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Food Good, berikut beberapa manfaat kentang untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Salah satu manfaat kentang yaitu disebabkan oleh melimpahnya kandungan nutrisi dan gizi. Sehingga mengkonsumsi kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Selain itu, banyaknya kandungan nutrisi dan gizi dalam kentang membuatnya bisa dijadikan pokok sehari-hari untuk menggantikan nasi.

Baca Juga: 7 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Rendah Lemak

Selain mengandung banyak nutrisi, manfaat kentang selanjutnya dikenal dengan rendah lemak. Selain rendah lemak, kentang juga memiliki kalori yang relatif lebih rendah daripada nasi. 

Meski demikian, kentang tetap mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat kentang untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan usus. Pasalnya, kentang merupakan salah satu sumber terbaik serat.

Sehingga mengkonsumsi kentang secara rutin dan dimasak dengan cara yang benar mampu melindungi dan menjaga kesehatan usus. Sehingga terhindar dari berbagai penyakit usus.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan? Simak Yuk!

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tak berhenti disitu mengkonsumsi kentang juga bermanfaat untuk dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Penelitian pada hewan telah mengaitkan pati resisten dari kentang dengan sensitivitas insulin yang lebih baik, akumulasi lemak yang lebih rendah, dan penambahan berat badan yang lebih sedikit.

Kentang juga merupakan sumber yang berguna dari sejenis serat yang disebut pektin, yang membantu memperlambat pengosongan perut, membuat Anda kenyang lebih lama, dan membantu menurunkan efek gula darah dari makanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

5. Mengandung Banyak Antioksidan

Manfaat kentang untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan yaitu kentang sebagai sumber yang mengandung banyak antioksidan.

Selain itu, kentang juga merupakan sumber karotenoid termasuk lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat untuk mata. Kentang juga merupakan sumber polifenol, termasuk asam klorogenat, dan flavonoid, yang utamanya adalah katekin dan epikatekin.

Itulah beberapa manfaat kentang untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×