Bugar

Yuk, Kenali 4 Manfaat Vitamin B3 untuk Kulit Wajah!

Yuk, Kenali 4 Manfaat Vitamin B3 untuk Kulit Wajah!

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai vitamin yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan glowing, seperti vitamin B3. Vitamin B3 dikenal berperan penting menjaga kesehatan pencernaan dan kulit.

Vitamin B3 bisa didapatkan dari makanan, seperti dada ayam, ikan teri, kacang hijau, kentang, ubi jalar dan mangga.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat vitamin B3 untuk kulit wajah dilansir dari dove.com: 

1. Mengurangi risiko kemunculan kerutan dan jerawat

Pertama, vitamin B3 mampu mengurangi risiko kemunculan kerutan dan jerawat pada kulit. Asupan vitamin B3 dapat menstimulasi produksi kolagen dalam tubuh yang membuat kulit tetap elastis dan sehat. Wajah yang mendapatkan manfaat vitamin B3 secara maksimal akan terlindungi dari polusi udara, sinar matahari, dan paparan zat-zat kimia.

Sehingga, jerawat pun tidak mudah muncul karena vitamin B3 dapat mengurangi risiko peradangan secara alami. Selain itu, vitamin B3 dapat menghapus noda gelap di wajah dan menyamaratakan warna kulit wajah Anda. 

2. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin B3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar terlihat glowing. Asupan vitamin B3 pada tubuh dapat memenuhi nutrisi sel-sel langerhans yang berfungsi menangkal  bahaya sinar matahari.

Sehingga risiko kulit kusam, kanker kulit, dan penuaan dini dapat diminimalkan. Oleh sebab itu, fungsi vitamin B3 inilah yang membuatnya sering menjadi salah satu bahan dasar produk perawatan kulit.

Baca Juga: Cobain 4 Rekomendasi Face Mist yang Sesuai Jenis Kulit Anda

3. Meminimalkan risiko kanker kulit

Manfaat vitamin B3 untuk kulit selanjutnya adalah meminimalkan risiko kanker kulit. Menurut beberapa penelitian kesehatan tentang manfaat vitamin B3, jenis vitamin tersebut dapat menekan perkembangan Basal Cell Carcinoma (BCC) dan Squamous Cell Carcinoma (SCC) penyebab kanker kulit non-melanoma.Sehingga risiko terkena penyakit kanker kulit bisa dihindari. 

4. Mengontrol kadar minyak pada kulit

Manfaat terakhir vitamin B3 untuk kulit, yaitu mampu mengontrol kadar minyak pada kulit. Vitamin B3 atau niasin adalah salah satu komponen penting pada lipid (lapisan pelindung yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Jika kondisi lipid pada kulit senantiasa prima, maka kulit Anda akan selalu lembap tanpa terganggu oleh kadar minyak yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News