ads

Yuk, Jaga Kebersihan dan Kerapian Rumah dengan 6 Kebiasaan Ini!

Reporter: Kania Paramahita
Senin, 22 November 2021 | 12:33 WIB
Yuk, Jaga Kebersihan dan Kerapian Rumah dengan 6 Kebiasaan Ini!

ILUSTRASI. Berikut kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah.


MOMSMONEY.ID - Menjaga kebersihan dan kerapian rumah sudah menjadi hal wajib bagi setiap penghuni rumah. Pasalnya, rumah yang bersih dan rapi akan membuat rumah terlihat cantik dan membuat penghuninya betah berlama-lama di rumah.

Namun, menjaga kebersihan dan kerapian rumah ternyata tidak semudah itu untuk dilakukan. Ada saja hal-hal atau kebiasaan kecil yang membuat rumah makin berantakan. Akibatnya, mood atau suasana hati penghuni rumah bisa turut berantakan.

Nah, supaya rumah selalu terlihat rapi dan bersih, ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa Anda terapkan. Dilansir dari Makespace, Clean and Scentsible, serta Life Storage, berikut tips untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

Baca Juga: Inspiratif, Berikut Rekomendasi Channel YouTube Seputar Dekorasi Rumah

Kenali rumah Anda

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengenali seperti apa rumah Anda. Dengan mengenali bagian-bagian rumah, Anda bisa menentukan bagian rumah mana saja yang perlu diproritaskan saat akan dibersihkan. Selain itu, Anda juga dapat mengatur mekanisme pembersihan rumah dan memastikan tidak ada bagian yang terlewat.

Misalnya, ruangan yang banyak dilewati seperti ruang keluarga perlu dibersihkan secara rutin. Atau, jika rumah Anda terdiri dari 2 lantai, prioritaskan untuk membersihkan lantai atas terlebih dahulu.

Kembalikan barang-barang pada tempatnya

Salah satu penyebab utama rumah terlihat berantakan seperti kapal pecah adalah barang-barang yang diletakkan pada tempat yang tidak semestinya. Misalnya, ada sepatu yang diletakkan di dekat pintu, baju yang ditaruh di atas tempat tidur, hingga barang-barang kecil lainnya.

Supaya rumah selalu terlihat rapi, sebaiknya biasakan untuk mengembalikan barang-barang ke tempat yang semestinya. Letakkan sepatu di rak, taruh pakaian kotor di keranjang cucian, dan hindari menumpuk piring kotor di meja makan dan wastafel.

Buat jadwal membersihkan yang rutin

Membuat jadwal membersihkan rumah secara rutin bisa membantu Anda lebih terorganisir dan rapi saat membersihkan rumah, seperti mengidentifikasi bagian rumah mana saja yang perlu dibersihkan dengan segera.

Misalnya, jadwalkan untuk menyapu lantai, membersihkan dapur, dan merapikan tempat tidur setiap hari. Lalu, lakukan vacuum dan pel lantai seminggu sekali. Buatlah jadwal sesuai kebutuhan supaya Anda tidak keberatan saat melakukannya.

Baca Juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Rumah? Simak Penjelasannya di Sini

Fokus membersihkan rumah satu per satu

Membersihkan seisi rumah sekaligus memang bisa membuat kewalahan. Nah, untuk menghindari masalah tersebut, fokuslah pada satu ruangan dulu setiap kali membersihkan rumah.

Misalnya, bersihkan kamar tidur terlebih dahulu sebelum bergerak ke ruang keluarga, lalu selesaikan ruang keluarga sebelum membersihkan dapur. Dengan cara ini, Anda bisa membersihkan rumah secara bertahap dan tidak membuat Anda kewalahan.

Simpan peralatan kebersihan di tempat terjangkau

Selanjutnya, biasakan untuk menyimpan peralatan kebersihan di tempat yang rapi, tapi tetap mudah dijangkau dari ruangan yang akan dibersihkan.

Misalnya, simpan peralatan kebersihan kamar mandi di dekat ruangan tersebut. Jadi, Anda bisa membersihkan kamar mandi dengan mudah dan cepat setiap kali diperlukan.

Rapikan barang-barang secara rutin

Kegiatan merapikan barang-barang atau decluttering tengah menjadi tren saat ini. Inti dari kegiatan ini adalah untuk merapikan dan mengorganisir barang-barang di rumah Anda supaya tidak berantakan.

Selain menyimpan barang-barang kecil yang berceceran untuk memudahkan Anda saat bersih-bersih rumah, Anda juga dapat menyingkirkan barang-barang di rumah yang sudah tidak terpakai supaya rumah terasa lebih lega.

Selanjutnya: Moms, Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER