HOME, Keluarga

Yuk! Hindari Kesalahan Menyirami Kaktus, Begini Tipsnya!

Yuk! Hindari Kesalahan Menyirami Kaktus, Begini Tipsnya!

MOMSMONEY.ID - Kaktus memiliki kelebihan dapat menoleransi kekeringan atau kelalaian penyiraman. Namun ini bukan berarti kaktus bisa hidup tanpa air sama sekali ya, Moms! Di habitat aslinya, kaktus akan beradaptasi dengan iklim yang keras dan mencari cara untuk bertahan hidup. Mereka akan menumbuhkan akar yang tersebar luas untuk mengumpulkan air dari area yang jauh. Artinya, kaktus tetap membutuhkan air untuk hidup.

Saat ini, ada banyak kaktus yang dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Meski mereka bukan berada di wilayah yang kering dan gersang, kaktus tetap membutuhkan air dan perawatan sebagai tanaman hias. Kendati demikian, ada peraturan dalam hal menyirami kaktus.

Baca Juga: Ini Jenis-Jenis Tanaman Air yang Cocok untuk Mengisi Aquascape

Seberapa Sering Menyirami Kaktus

Kaktus cukup toleran terhadap pengabaian penyiraman, tetapi jika terlalu lama diabaikan daun dan batangnya akan berubah pucat dan menguning. Maka, Anda harus menyirami tanaman kaktus bagaimana pun juga.

Dilansir dari Cactusways, selama musim tanam (Maret hingga September), kaktus membutuhkan pemupukan dan penyiraman secara teratur. Siram setidaknya seminggu sekali agar tidak mengering. Sedangkan pupuk dapat diberikan sebulan sekali.

Setelah masa penanaman selesai, Anda perlu memastikan kondisi lapisan tanah sebelum menyirami kembali. Anda dapat menggunakan alat pengukur kelembapan atau sebatang kayu kecil untuk mengecek kondisi tanah. Jika kering, barulah Anda menyirami tanaman kaktus.

Ukuran Kaktus Jadi Pertimbangan

Setiap tanaman kaktus, memiliki kebutuhan akan air, pupuk, dan lain-lain. Namun, seberapa jumlah yang diberikan ini bisa jadi hal yang berbeda-beda untuk setiap ukuran kaktus. Kaktus yang lebih kecil dan muda sering membutuhkan lebih banyak air karena tingkat pertumbuhannya tinggi. Artinya, Anda harus lebih banyak menyirami dibandingkan dengan kaktus tua. Sementara itu, untuk kaktus yang tua, Anda hanya perlu menyirami permukaannya saja karena mereka dapat menyerap air lebih banyak.

Baca Juga: Mengenal Lebih Banyak Tanaman Bunga Chamomile

Pemilihan Media Tanam untuk Kaktus, Mempengaruhi Pemberian Air

Media tanam adalah aspek yang penting bagi tanaman. Salah satunya kaktus yang membutuhkan media tanam yang bisa mengalirkan kelebihan air melalui lubang drainase di pot. Media tanam yang baik adalah campuran pot berpasir, berkerikil, dan berpori yang dapat mengalirkan air dengan baik. Misalnya, kulit kayu cemara tanah, lumut gambut, atau sabut kelapa untuk campuran pot. Lalu, untuk pasir, Anda dapat menggantinya dengan batu apung, perlit, atau vermikulit.

Musim Mempengaruhi Waktu Penyiraman

Musim mempengaruhi pertumbuhan kaktus. Maka, kebutuhan menyirami pun berbeda. Saat musim dingin, suhu akan turun, sehingga kelembapan akan bertahan lebih lama. Selama periode ini, penyiraman yang tepat adalah sebulan sekali.

Sementara itu, di musim semi, idealnya menyiram dilakukan selama seminggu sekali karena tanaman membutuhkan air lebih sering untuk berkembang. Lain lagi di musim panas, kaktus perlu disiram sebanyak dua tau tiga kali seminggu. Sebab, pada periode ini suhu akan naik dan tanah tanaman akan cepat kering karena menguap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News