Keluarga

Yuk Habiskan Waktu Berkualitas Bersama Selama Musim Liburan Mendatang

Yuk Habiskan Waktu Berkualitas Bersama Selama Musim Liburan Mendatang

MOMSMONEY.ID - Menjelang musim liburan, merupakan saat tepat bagi keluarga untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. Hal ini dikarenakan momen liburan akan meninggalkan kesan dan kenangan yang mendalam bagi anak. Hasil studi Family Holiday Association di Inggris tahun 2015. Studi menyebutkan bila hampir separuh responden mengaku liburan bareng keluarga saat kecil adalah masa-masa terindah.

Biasanya momen seperti ini akan disimpan di dalam memori jangka panjangnya. Jadi, ketika anak sudah beranjak dewasa kenangan momen liburan itu tetap terekam dengan baik di memorinya. Bahkan, masa-masa indah itu bisa menjadi senjata yang ampuh bagi anak saat menghadapi masa-masa sulit.

 

Baca Juga: Ide Hampers Tanaman Hias Lebaran Antimainstream, Cocok untuk Orang Terdekat

 

Pendek kata, liburan bareng si kecil terbukti berkontribusi pada tumbuh kembangnya. Selain itu, liburan bareng keluarga juga banyak manfaatnya seperti yang disampaikan Desti Apryanggun, M.Psi., Psikolog Anak yang merupakan Psikolog dari Kalbu berikut ini:

 

1. Wawasan si kecil bertambah

Saat pergi ke tempat liburan, banyak hal yang bisa dilakukan anak dengan eksplorasi dan mengamati. Karena disana anak akan menemukan keanekaragaman kuliner baru, bahasa baru, daerah baru, dan sejarah dari tempat yang dikunjungi. Bahkan anak juga bisa melihat budaya dan kebiasaan orang lain yang bisa jadi berbeda saat di rumah. Hal ini dapat menambah wawasan pengetahuan baru bagi anak .

 

2. Memupuk rasa percaya diri

Mengunjungi tempat baru dan mempelajari hal baru dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Apalagi jika orangtua memberikan kesempatan pada anak untuk mencoba sendiri sesuatu yang baru. Anak menjadi merasa lebih  berani untuk mencoba. Hal ini dapat menunjang anak untuk memupuk rasa percaya dirinya.

 

3. Belajar beradaptasi

Berlibur akan membantu anak  beradaptasi di lingkungan baru. Bukan hanya di destinasi liburan saja, tapi anak juga belajar selama proses perjalanan berlibur. Bisa jadi perjalanannya tidak semulus yang dibayangkan sehingga anak  akan belajar beradaptasi di segala situasi dan kondisi yang dialami.

 

Baca Juga: Bingung Menata Ruang Tamu Anda? Yuk, Intip Cara Berikut

 

4. Membangun kesadaran sosial

Selama perjalanan liburan, anak  akan bertemu dengan banyak orang baru dari latar belakang berbeda. Anak juga akan menyaksikan secara langsung kehidupan orang di belahan daerah lain yang bisa jadi berbeda. Dengan begitu, anak akan mengembangkan rasa empati dan simpati yang tinggi. Namun, pentingnya peran orangtua untuk memberikan penjelasan pada anak mengenai perbedaan yang terjadi agar anak tidak salah memaknainya.

 

5. Bonding makin kuat

Liburan bersama keluarga bisa jadi momen yang sangat ditunggu oleh anak, terutama kalau ayah dan bunda sehari-harinya bekerja. Momen ini bisa dijadikan waktu yang tepat untuk “mengganti” waktu kebersamaan dengan anak. Siapkan daftar kegiatan yang akan dilakukan bersama anak dan usahakan hindari distraksi saat menghabiskan waktu bersama.

 

Baca Juga: Dapat THR Lebaran tapi Tidak Merayakan, Ini yang Harus Anda Lakukan

 

Untuk menemani waktu liburan, PT United Family Food (UNIFAM) menghadirkan permen susu Milkita berkualitas tinggi, higienis dan aman dibuat dengan susu asli dari New Zealand. Permen Milkita yang berbahan dasar susu ini memiliki berbagai macam rasa yang disukai anak-anak dan juga mengandung kalsium, sehingga baik dikonsumsi untuk seluruh anggota keluarga. 

 

Kegiatan liburan bersama anak ini tentunya menjadi sarana bagi Ibu dalam memberikan edukasi tentang makanan yang dikonsumsi anak. Misal ketika menikmati camilan seperti Milkita lollipop saat di mobil, Ibu bisa mulai menceritakan kandungan yang terdapat dalam sebuah permen susu. Kegiatan seperti ini selain memberikan pemahaman mengenai makanan, juga dapat menjadi momen kedekatan Ibu dan Anak untuk berkomunikasi secara interaktif dan nyaman bagi keduanya. Hal ini sejalan dengan kampanye kami #mykidsmyfriends, yang memberikan sarana  bagi hubungan Ibu dan Anak sebagai teman berbagi cerita yang nyaman.” kata Anastasia A, Marketing Communication Manager UNIFAM.

 

Baca Juga: Sebelum Mendekorasi Rumah, Intip Gaya Desain Interior Terpopuler Ini yuk

  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News