HOME, Santai

Yuk, Coba Ganti Nasi dengan Sumber Makanan Sehat Berikut Ini

Yuk, Coba Ganti Nasi dengan Sumber Makanan Sehat Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Menjadi orang Indonesia rasanya tak lengkap jika makan tanpa adanya nasi di meja makan. Hampir seluruh penduduk Indonesia selalu memakan nasi sebagai makanan pokok.

Namun, banyak juga orang yang ingin memulai gaya hidup tanpa makan nasi. Dalam sejumlah diet, nasi memang berperan penting dalam proses penurunan berat badan dan menghilangkan lemak menumpuk di tubuh.

Biasanya orang-orang yang menjalani diet tersebut tetap mengonsumsi karbo. Namun bukan karbo yang berasal dari nasi. Berikut adalah sumber karbo selain nasi yang bisa digunakan untuk diet.

Baca Juga: Mengecilkan Perut Buncit dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Shirataki

Shirataki adalah sumber karbohidrat populer pengganti nasi. Selain rendah dalam jumlah kandingan karbohidrat, shirataki juga merupakan sumber makanan yang rendah kalori.

Shirataki adalah sumber karbohidrat yang terbuat dari akar konjac yang menurut penduduk Asia asli dipercaya memiliki serat yang tinggi dibanding kalori dan karbohidratnya.

Jagung

Jagung merupakan makanan pengganti nasi yang juga memiliki karbohidrat tinggi. Jagung juga kerap dipilih karena merupakan sumber makanan yang rendah kalori. Selain itu beragam vitamin dan nutrisi juga tekandung di dalamnya.

Baca Juga: Lakukan Diet Apel yang Tepat, Berat Badan Turun dalam 5 Hari

Ubi

Ubi yang rendah kalori ini juga sering dijadikan makanan pengganti nasi. Bintang Kpop juga kerap memasukan ubi dalam daftar makanan dietnya. Ubi juga kaya akan vitamin A dan C yang tentunya memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Oat

Oat juga menjadi sumber makanan pengganti nasi yang kerap digunakan pada menu diet sehat masa kini. Oat memiliki kalori yang rendah sehingga lebih dipilih daripada nasi sebagai alternatif pengganti karbohidrat. 

Selain kaya serat, oat juga mengandung beragam mineral dan vitamin seperti vitamin B kompleks dan vitamin A.

Quinoa

Quinoa merupakan biji bijian yang juga kerap dijadikan menu pengganti nasi. Ia dipilih karena gluten free dan mengandung protein lebih tinggi dibanding nasi. Selain itu quinoa juga mengandung beragam mineral magnesium dan copper yang bermanfaat untuk menjaga metabolisme dan kesehatan tulang. 

Selanjutnya: 5 Makanan yang Bisa Berakibat Buruk untuk Kesehatan Ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News