HOME, Santai

Yuk, Coba 5 Kebiasaan Ini agar Jadi Lebih Pintar

Yuk, Coba 5 Kebiasaan Ini agar Jadi Lebih Pintar

MOMSMONEY.ID - Habit atau kebiasaan adalah hal yang Anda lakukan setiap hari dan membentuk kepribadian. Kebiasaan buruk, tentu saja, dapat diubah dengan kebiasaan baik yang akan membuat Anda memiliki personality yang baik juga. 

Dengan memiliki kebiasaan positif, tentunya akan membuat sikap Anda menjadi lebih positif pula. Tapi, membangun kebiasaan baru yang lebih baik tentu membutuhkan waktu. Sebab, mungkin saja Anda sudah terbiasa dengan kebiasaan lama. 

Nah, beberapa kebiasaan ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih pintar, lo.

Yuk mulai coba untuk mempraktikkan kebiasaan ini. 

Baca Juga: Coba Rutinitas Ini Untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Membaca buku

Membaca buku memang adalah salah satu kunci untuk Anda menjadi lebih pintar. Dengan banyak membaca Anda akan memiliki banyak ilmu pengetahuan baru yang tentunya akan membuat Anda menjadi pribadi dengan wawasan yang luas. Membiasakan diri untuk membaca tentu saja bukan hal mudah. 

Apalagi, jika buku yang dibaca memiliki halaman tebal. Rasa bosan tentu saja akan terasa. Sebagai tips, mulailah membaca buku yang memiliki tema personal development agar Anda lebih bisa mengenal diri dan dunia sekitar Anda.

Lalu bacalah buku Anda bagian demi bagian. Sisihkan waktu 30 menit sehari untuk membaca agar Anda tidak mudah merasa bosan.

Buatlah perencanaan

Entah itu hanya liburan atau melakukan pekerjaan rumah, membuat perencanaan tentu saja sangat penting untuk dilakukan. Dengan membuat perencaan jangka pendek maupun jangka panjang akan membuat Anda mengenali hambatan yang mungkin bakal dihadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya. 

Memang, isi otak Anda akan diperas untuk memikirkan segala kemungkinan hambatan dan cara mengatasinya. Namun dengan membuat perencaan akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih siap dan teratur. Dengan begitu hal-hal yang Anda ingin lakukan dapat terselesaikan dengan baik dan teratur.

Baca Juga: Ingin Merapikan Rumah? Yuk, Coba Metode KonMari Ala Marie Kondo

Carilah pengalaman baru

Mencoba hal baru tentu saja tidak terbatas dengan umur. Pengalaman baru yang Anda coba tentu saja akan membuat Anda memiliki wawasan yang lebih luas. Bahkan Anda mungkin akan mendapatkan relasi baru dari pengalaman yang Anda coba tersebut. 

Jangan menunggu hingga Anda memiliki teman untuk mencoba atau mencari pengalaman baru. Perkaya diri Anda sendiri dengan pengalaman baru tanpa menunggu orang lain ya. 

Bagikan ilmu dengan orang lain

Ilmu yang Anda dapat dari orang lain ada baiknya jika Anda bagikan kepada orang lain juga. Dengan berbagi ilmu, Anda akan menjadi manfaat untuk orang lain.

Lebih baiknya lagi, mungkin Anda juga akan mendapatkan ilmu baru dari orang tersebut.

Membagikan ilmu dengan orang lain tidak akan membuat Anda menjadi pribadi yang kurang berilmu atau ilmu Anda akan menghilang.

Sebaliknya, Anda akan mendapatkan banyak ilmu lain jika Anda berbagi ilmu Anda untuk sekitar Anda.

Berpikir sebelum bertindak

Memperkaya diri Anda dengan banyak informasi sebelum mengutarakan pendapat akan membuat Anda menjadi pribadi lebih pintar. Karena yang Anda utarakan atau lakukan merupakan hal yang sudah Anda ketahui sebelumnya.

Melakukan tindakan spontan atau menanggapi sesuatu dengan spontan bisa menjadi suatu hal yang tricky untuk diri Anda dan orang yang Anda ajak bicara. Karena hal tersebut akan mencerminkan kepribadian yang Anda miliki. Jadi mulailah berlatih untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak ya.

Selanjutnya: Bisa Dilakukan Di Rumah, Yuk Coba Ide Game Ini Untuk 17an Nanti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News