HOME, Keluarga

Yuk Cermati, Ini Kriteria Rumah Sehat dari Kementerian PUPR

Yuk Cermati, Ini Kriteria Rumah Sehat dari Kementerian PUPR

MOMSMONEY.ID - Sejak pandemi, kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat perlahan meningkat.

Beragam cara pun dilakukan untuk menjalani hidup sehat tersebut, mulai dari mengonsumsi makanan sehat dan vitamin hingga berolahraga secara rutin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menunjang gaya hidup tersebut adalah dengan memiliki rumah yang sehat.

Pasalnya, rumah merupakan tempat di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu dalam sehari. Jika lingkungan rumah sehat, penghuninya pasti juga ikut sehat dan merasa nyaman tinggal di rumah.

Namun, apa saja hal yang membuat suatu rumah dapat dikategorikan sebagai rumah sehat? Berdasarkan Panduan Dasar-Dasar Rumah Sehat yang diterbitkan oleh Kementerian PUPR pada tahun 2017, berikut kriterianya.

Baca Juga: Banyak Digunakan di Rumah, Ini Cara Merawat Lantai Keramik Supaya Tetap Cantik

Lantai dan dinding rumah yang kering

Pertama, rumah sehat harus memiliki lantai dan dinding yang kering. Artinya, lantai dan dinding rumah harus terhindar dari kelembapan serta mudah dibersihkan.

Khusus untuk lantai, bahannya sebaiknya bersifat kedap air sehingga tidak mudah lembap dan tidak menghantarkan air tanah ke permukaan lantai. Selain itu, lantai rumah juga harus lebih tinggi sekitar 10 cm dari halaman luar dan 25 cm dari permukaan jalan.

Ventilasi yang cukup

Rumah yang sehat harus memiliki ventilasi yang cukup untuk mengalirkan udara dari dalam dan ke luar ruangan. Oleh karena itu, suatu rumah sebaiknya memiliki jendela dengan jumlah cukup dan bukaan yang cukup lebar.

Supaya udara dapat mengalir dengan lancar di rumah, jendela rumah sebaiknya memiliki luas minimal sekitar 1/9 luas lantai pada ruangan tersebut.

Sinar matahari yang cukup

Selain ventilasi udara, rumah sehat juga perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jadi, jendela rumah sebaiknya memiliki bukaan yang cukup lebar sehingga sinar matahari dapat masuk dan memenuhi ruangan, khususnya di pagi hari.

Selain itu, sebaiknya langit-langit rumah dapat meredam hawa panas dari sinar matahari sehingga ruangan terasa lebih sejuk. Jadi, walaupun rumah mendapatkan sinar matahari, udara di dalam rumah tidak akan terlalu panas.

Baca Juga: 5 Manfaat Sinar Matahari untuk Rumah, Mulai dari Estetika hingga Kesehatan

Letak rumah yang baik

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, rumah yang sehat perlu diposisikan dengan baik supaya mendapatkan sinar matahari secara maksimal sepanjang hari.

Jika memungkinkan, posisikan rumah menghadap ke arah utara atau selatan, sehingga seluruh sisi rumah bisa mendapatkan cahaya matahari dengan optimal dari arah timur dan barat dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Baca Juga: 6 Cara Memaksimalkan Sinar Matahari Masuk ke Rumah, Mudah dan Bikin Sehat!

Penataan ruangan yang baik

Dalam menata ruangan di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya rumah menjadi sehat dan nyaman untuk ditinggali.

Umumnya, suatu rumah minimal harus memiliki kamar tidur, ruang makan, ruang tamu atau ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi. Jika luas rumah terbatas, Anda bisa menggabungkan beberapa ruangan di satu tempat, misalnya ruang keluarga yang menjadi satu dengan ruang makan.

Sementara itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk penataan setiap ruangan di rumah:

  • Kamar tidur: pastikan ventilasi baik dan tidak terlalu banyak furnitur supaya tidak sesak.
  • Ruang makan: pastikan ventilasi dan pencahayaan baik, serta memiliki jendela yang mengarah ke luar rumah.
  • Dapur: pastikan ventilasi baik, jendela cukup besar, memiliki dinding yang tahan api di sekitar kompor, dan dekat dengan sumber air untuk berjaga-jaga jika ada kebakaran.
  • Kamar mandi: pastikan ventilasi dan pencahayaan baik, serta memiliki dinding yang kedap air supaya tidak merusak bangunan.

Nah, itulah beberapa kriteria rumah yang sehat menurut panduan dari Kementerian PUPR. Bagaimana, apakah rumah Anda sudah memenuhi kriteria yang disebutkan di atas?

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk selalu membersihkan rumah secara rutin dan mengelola sampah dengan baik supaya rumah selalu sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News