HOME, Keluarga

Yuk, Cari Tahu Jenis Pisau Dapur dan Kegunaannya

Yuk, Cari Tahu Jenis Pisau Dapur dan Kegunaannya

MOMSMONEY.ID - Moms, apakah kamu tahu jenis pisau dapur dan kegunaannya?

Kebanyakan moms pasti menggunakan satu pisau untuk semua bahan pangan.

Namun, sebenarnya pisau dapur memiliki banyak jenis dan kegunaan yang berbeda-beda. 

Yuk, simak info penting tentang pisau dapur dari Indonesianchefassociation:

1. Chef's Knife (Pisau Serbaguna)

Nah, pisau ini yang selalu Moms gunakan saat memotong bahan-bahan masakan. Chef's Knife memiliki ukuran 20-25 cm.

Biasanya pisau ini digunakan untuk memotong daging, sayur, buah, mencincang bawang, dll. 

Baca Juga: Tiga Cara Unik Makan Oatmeal, Enak dan Sehat!

2. Bread Knife (Pisau Roti)

Pisau ini digunakan untuk mengiris roti atau kue. Gerigi-gerigi halus berfungsi agar kue tidak hancur dan hasil potongan roti atau cake lebih halus dan lembut. Biasanya, bread knife memiliki ukuran 20-25 cm.

3. Boning Knife 

Bentuk pisau ini memanjang dan lebih ramping dibandingkan pisau serbaguna. Pisau ini berukuran 12-17 cm. Memiliki bentuk yang kecil dan tipis, ciri khasnya yaitu melengkung dan runcing di bagian ujung.

Fungsinya untuk memisahkan daging ayam dari tulangnya, bisa membuat irisan yang sangat tipis pada daging, memisahkan ikan dari tulangnya, dan membuang urat atau lemak.

4. Paring Knife (Pisau Ukir/ Pisau Kupas)

Berukuran kecil dengan panjang 5-10 cm. Memiliki bentuk lebih pendek dengan lekuk melengkung. Biasa digunakan untuk mengupas kulit buah, bawang dan sayuran.

Bisa juga untuk menyayat udang dan membuat hiasan buah dan sayur. Bentuknya yang kecil membuat pemakainya bisa fleksibel mengukir berbagai bentuk buah dan sayur sebagai hiasan hidangan.

Baca Juga: Moms, ini Resep Sup Udang Favorit untuk Keluarga

5. Utility Knife 

Sekilas mirip dengan chef’s knife, namun jika dilihat seksama akan terlihat perbedaannya. Pisau ini memiliki bentuk yang lebih besar dari paring knife (pisau ukir), tetapi ukuran utility knife lebih kecil dari pada chef’s knife. Utility knife memiliki ukuran 10-18 cm. Pisau ini digunakan untuk segala potongan ringan serbaguna dari memotong sandwich hingga daging.

6. Peeler

Pisau ini memiliki bentuk yang berbeda dengan pisau biasanya. Peeler memiliki ukuran kecil, yaitu 5-6 cm. Biasanya pisau ini digunakan untuk mengupas kulit wortel dan kentang.

Itulah beberapa jenis pisau dapur dan kegunaannya. Rekomendasi pisau dapur yang bisa Moms simpan di rumah, yaitu Chef's Knife dan Peeler. Supaya Moms bisa memahami dengan jelas. Yuk nonton video ini dari Pura Kitchen :

Selanjutnya: Waspada! Ini Akibat Penggunaan Gawai Terlalu Lama Terhadap Mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News