Youtube Short, Fitur Terbaru Youtube yang Mirip Tiktok

Sumber: Support.Google
Sabtu, 24 Juli 2021 | 05:34 WIB
Youtube Short, Fitur Terbaru Youtube yang Mirip Tiktok

ILUSTRASI. YouTube and TikTok apps are seen on a smartphone in this illustration taken, July 13, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

MOMSMONEY.ID - Youtube Short menjadi fitur yang mengikuti Tiktok, setelah Reels dari Instagram. Lalu, apakah creator bisa memonetisasi video pendek ini di Youtube?

​Youtube Short Tidak Dapat Dimonetisasi, Tapi...

Dari laman bantuan Google dijelaskan bahwa creator tidak akan dapat memonetisasi video pendek pada fitur Youtube Short. Namun, Youtube mengadakan program Youtube Short Fund. Dalam program tersebut Youtube akan memberikan uang sebesar 100 Dolar Amerika kepada creator yang dinilai berhak.

Penerima penghargaan bisa merupakan creator yang telah menjadi program mitra atau pun creator yang sebenarnya belum memenuhi syarat untuk monetisasi. Dalam laman support.google.com disebutkan juga bahwa creator dengan video short paling populer setiap bulannya yang akan dipilih.

Baca Juga: Belajar Bisnis dari Aplikasi Kuncie oleh Telkomsel

Cara Membuat Youtube Short

Youtube Short dapat dibuat dari aplikasi Youtube yang ada di smartphone. Berbeda dengan konten video Youtube panjang, fitur terbaru ini sepertinya memang tidak membutuhkan editing yang rumit.

1. Setelah berhasil masuk ke ke Youtube melalui perangkat seluler, ketuk “tanda plus” lalu pilih create a short.

2. Creator dapat memilih berapa panjang video yang akan dibuat, bisa 15 detik atau pun 60 detik. Untuk video dengan tambahan audio hanya dapat dilakukan pada ukuran 15 detik.

3. Tekan tombol capture untuk memulai perekaman. Jangan lupa beri judul, lalu upload. Sebelum itu, ada beberapa pengaturan yang dapat digunakan seperti speed dan timer.

Baca Juga: Laporkan Masalah Covid-19 di Lingkungan Anda dengan Aplikasi Qlue

Itulah tadi uraian mengenai Youtube Short. Konten yang telah dibuat oleh creator akan muncul di beberapa bagian seperti home page atau pun laman khusus short video.

Editor: Amry Hidayat
Terbaru