Yang Baru di WhatsApp! Inilah Penjelasan Fitur Pertahankan di Chat dan Cara Kerjanya

Selasa, 25 April 2023 | 10:50 WIB   Penulis: Arif Budianto
Yang Baru di WhatsApp! Inilah Penjelasan Fitur Pertahankan di Chat dan Cara Kerjanya

ILUSTRASI. Yang Baru di WhatsApp! Inilah Penjelasan Fitur Pertahankan di Chat dan Cara Kerjanya


WHATSAPP - Yang baru di WhatsApp! Ini penjelasan fitur "Pertahankan di Chat" dan cara kerjanya. Fitur baru WhatsApp ini ini mirip bookmark untuk menandai sebuah chat atau obrolan.

Belum lama ini WhatsApp mengumumkan fitur barunya yang bernama "Pertahankan di Chat". Pasca hadirnya fitur Pesan Sementara, WhatsApp kembali memperkenalkan fitur barunya agar pengguna masih bisa menyimpan pesan penting yang mungkin tetap dipertahankan.

Adalah fitur "Pertahankan di Chat", sebuah fitur di WhatsApp agar pengguna dapat mempertahankan teks yang diperlukan, menggunakan kemampuan super khusus untuk pengirim. Seperti yang dikutip dari blog resmi WhatsApp, mereka yakin bahwa setelah pengguna mengirim pesan, pengguna berhak untuk menentukan apakah pesan tersebut boleh disimpan oleh orang lain yang terlibat dalam chat atau obrolan tersebut.

Bagaimana cara kerja fitur Pertahankan di Chat yang baru di WhatsApp ini?

Baca Juga: Cara Membuat Sound of Text WA, Bisa Download dan Ganti Nada Dering WhatsApp

Cara kerjanya adalah pengirim akan diberi tahu ketika seseorang mempertahankan pesan, dan pengirim bisa menentukan apakah akan menolak keputusan tersebut atau tidak.

Jika pengguna telah memutuskan bahwa pesan tidak boleh dipertahankan oleh orang lain, maka kpeutusan sudah final, oleh karena itu orang lain tidak dapat mempertahankan pesan tersebut dan akan dihapus ketika pengatur waktu habis.

Dengan begitu, pengguna memiliki kesempatan untuk membuat keputusan akhir tentang cara melindungi pesan yang dikirimkan. 

Jika pesan diperbolehkan dipertahankan atau disimpan, maka akan ditandai dengan ikon bookmark. Anda dapat melihat pesan tersebut yang diatur berdasarkan chat, terletak di dalam folder Pesan Tersimpan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan fitur "Pertahankan di Chat" WhatsApp:

Fitur Pertahankan di Chat WhatsApp

  • Anda dapat mengendalikan apakah ingin menyimpan pesan Anda di chat atau tidak dengan mengetuk ikon bookmark.
  • Jika Anda membatalkan penyimpanan pesan Anda, tidak ada peserta lain yang dapat menyimpan lagi.
  • Pesan yang disimpan tidak akan hilang dari chat, dan semua orang dapat melihatnya.

Baca Juga: Duh! 7 HP Xiaomi ini Tak Lagi Kebagian Update MIUI Terbaru, Cek Daftarnya Berikut ini

Jangan senang dulu atau buru-buru ingin menjajal fitur "Pertahankan di Chat" WA ini, sebab fitur tersebut belum dirilis secara resmi. Menurut pihak WhatsApp, fitur tersebut akan diluncurkan secara global dalam beberapa minggu ke depan.

Pastikan Anda selalu cek update WhatsApp via App Store untuk pengguna iOS atau Play Store bagi pengguna Android agar bisa mendapatkan pembaruan dan menjajal fitur baru tersebut.

Bagaimana menurut Anda? Apakah fitur baru WhatsApp ini merupakan salah satu yang Anda nantikan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru