Santai

Wow! Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Berciuman bagi Kesehatan

Wow! Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Berciuman bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Siapa yang tahu bahwa ternyata ciuman bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh. Simak penjelasannya berikut ini.

Berciuman merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh pasangan kekasih atau pasangan suami isteri.

Merupakan salah satu kegiatan intim, siapa yang menyangka bahwa ciuman dengan pasangan memiliki manfaat baik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berciuman yang perlu diketahui:

Baca Juga: Simak Daftar Makanan untuk Meningkatkan Gairah pada Wanita

Meningkatkan ikatan dengan pasangan

Bonding atau ikatan antar pasangan kekasih atau suami istri bisa menjadi lebih kuat karena aktivitas berciuman. Karena aktivitas ini membantu melepaskan hormon oxytocin yang membuat diri menjadi merasa dicintai dan terikat satu sama lain.

Aktivitas berciuman pun juga penting dilakukan untuk menambah intimasi dengan pasangan sebelum melakukan hubungan seksual.

Meredakan stres

Stres dan kecemasan bisa disebabkan karena tingginya kortisol dalam tubuh. Berciuman ternyata juga bisa membantu untuk menurunkan tingginya kadar kortisol dan meredakan stres.

Oxytocin juga bisa membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan rasa rileks yang bisa diperoleh dari aktivitas berciuman.

Baca Juga: Catat, Hindari Makan 5 Makanan Ini Sebelum Lakukan Hubungan Seks

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Imun tubuh juga bisa meningkat dari aktivitas berciuman. Dilansir dari laman Health Line, salah satu penelitian di tahun 2014 menjelaskan, air liur yang bertukar dari aktivitas berciuman bisa mengekspos bakteri baru.

Bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan tubuh melakukan adaptasi serta ada perlawanan imun. Hal tersebutlah yang bisa membuat sistem imun menjadi lebih kuat. 

Meningkatkan hormon kesenangan

Manfaat yang satu ini merupakan manfaat umum yang didapatkan dari aktivitas berciuman. Berciuman bisa meningkatkan trigger pada otak untuk melepaskan hormon kesenangan, yaitu oxytocin, dopamine, dan serotonin. 

Di samping itu, hormon stres, rasa lelah, dan juga keresahan bisa ditekan dari aktivitas berciuman.

Mengencangkan otot wajah

Melansir dari laman Mind Body Green, aktivitas berciuman bisa membantu untuk mengaktifkan sebanyak 24 otot wajah dan 112 otot postur.

Yang bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menggerakkan otot wajah dan membuatnya menjadi lebih kencang.

Membakar kalori

Aktivitas berciuman juga bisa membantu untuk membakar kalori. Sebanyak 2-26 kalori per menit akan dibakar dalam aktivitas berciuman.

Walaupun tak banyak, namun tentunya aktivitas berciuman akan membantu tubuh untuk kehilangan kalori seperti aktivitas berolahraga.

Memiliki banyak manfaat baik, itulah tadi sederet manfaat berciuman dengan pasangan yang bisa menjadi perhatian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News