HOME, Bugar

Wow! Inilah Manfaat dan Kandungan Nutrisi Ikan Salmon untuk Kehamilan

Wow! Inilah Manfaat dan Kandungan Nutrisi Ikan Salmon untuk Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Ikan salmon kerap menjadi pilihan menu makanan sehat. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang kaya manfaat dan baik untuk Anda konsumsi selama kehamilan.  

Selain lezat, ikan salmon memiliki gizi yang tinggi. Dalam ikan salmon terdapat mineral penting seperti kalium, selenium, dan beragam vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan B, mulai dari B1-B6, B9, hingga B12. 

Kandungan lain ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA). 

Pada masa kehamilan, mengonsumsi ikan salmon yang sudah matang bisa memberikan beragam manfaat kesehatan.

Baca Juga: Inilah Rempah-Rempah yang Baik Dikonsumsi saat Kehamilan

Dilansir dari Healthline dan Women Health, inilah beberapa manfaat dan kandungan ikan salmon untuk kehamilan yang perlu Anda ketahui, antra lain:

1. Menangkal penyakit berbahaya

Manfaat dan kandungan ikan salmon untuk kehamilan yang pertama adalah menangkal penyakit berbahaya. 

Selain memiliki kandungan nutrisi berupa omega-3 dan protein, ikan salmon juga mengandung beragam vitamin seperti A, D, dan E.

Semua ini akan menurunkan risiko ibu hamil mengalami masalah pada mata, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan jantung selama hamil. 

Sedangkan vitamin B Kompleks yang juga terdapat di dalamnya akan mencegah bayi lahir cacat serta meringankan beberapa gejala kehamilan yang Anda rasakan selama hamil. 

2. Mencegah kelahiran prematur

Manfaat dan kandungan ikan salmon untuk kehamilan yang kedua adalah mencegah kelahiran prematur. Meski mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi, ikan salmon justru rendah lemak jenuh.

Artinya, hal ini baik untuk tubuh ibu hamil dan dapat membantu mencegah persalinan prematur. Selain itu, rutin mengonsumsi ikan salmon memiliki risiko preeklampsia lebih kecil.

3. Membantu pembentukan sel-sel baru

Manfaat dan kandungan ikan salmon untuk kehamilan yang ketiga adalah membantu pembentukan sel-sel baru. 

Asam amino bisa membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Kandungan ini pun ada di dalam salmon yang akan membantu proses pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. 

Kandungan asam amino dalam ikan salmon juga membantu mencegah inflamasi, melindungi sendi dari cedera, memastikan insulin dalam tubuh bekerja dengan maksimal.

Baca Juga: Tips Menjaga Imunitas untuk Ibu Hamil

4. Membantu perkembangan otak janin

Manfaat dan kandungan ikan salmon untuk kehamilan yang keempat adalah membantu perkembangan otak janin. Kandungan omega-3 dalam salmon terbagi menjadi EPA dan DHA.

Keduanya diketahui dapat membantu perkembangan otak bayi sejak masih di kandungan. Kesehatan jantung serta indra penglihatan janinjuga akan lebih terjaga hingga proses persalinan tiba. 

5. Sumber energi untuk ibu hamil

Manfaat dan kandungan ikan salmon untuk kehamilan yang kelima adalah sumber energi untuk ibu hamil. Protein yang didapatkan dari ikan salmon dapat diubah menjadi energi. 

Salmon pun memiliki kandungan protein yang baik sebagai sumber energi serta membantu mengontrol peningkatan jumlah hormon dalam tubuh bumil. 

Pastikan saat memasak ikan salmon dagingnya benar-benar matang. Hal ini akan membuat daging ikan salmon lebih aman untuk dimakan di masa kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News