Bugar

Wow, Ini 5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Persik untuk Kesehatan Tubuh

Wow, Ini 5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Persik untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah persik diperkirakan berasal dari negara Tiongkok. Buah berbiji ini memiliki kulit yang tipis dan berbulu halus, serta daging buahnya berwarna jingga kekuningan.

Selain dikonsumsi langsung, buah persik bisa diolah menjadi jus, selai, kue, dan lainnya. Di dalam persik terbisa kandungan serat, vitamin, serta mineral yang sayang untuk dilewatkan.

Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah persik untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan, antara lain: 

Baca Juga: 3 Penyebab Kelainan Pola Makan yang Sering Terjadi pada Remaja

Mengatasi dan mencegah berbagai penyakit kronis

Kandungan antioksidan di dalam buah persik berfungsi untuk menangkal paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Selain itu, kandungan kalium dan serat dalam buah persik juga berperan menurunkan risiko terjadinya obesitas dan diabetes.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta karoten, alfa karoten, dan beta crytoxanthin yang terkandung dalam buah persik berperan dalam pembentukan vitamin A. Oleh sebab itu, buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan kulit

Hal ini karena buah persik mengandung vitamin C sehingga mempunyai manfaat untuk memperbaiki tekstur, menambah elastisitas, mencerahkan, hingga mempertahankan kelembapan kulit.

Kandungan lain seperti vitamin A dan E pada buah persik mempunyai manfaat untuk kulit. Keduanya mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV serta mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Kenali Makanan Laut yang Kaya Vitamin A untuk Tubuh

Menjaga kesehatan saluran cerna

Buah persik kaya akan serat, sehingga bisa melancarkan pencernaan. Bakteri baik di dalam usus besar akan mengubah serat menjadi asam lemak yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada usus.

Selain itu, serat juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa membantu Anda menjaga berat badan ideal.

Mencegah pengeroposan tulang

Kandungan kalium yang tinggi pada buah persik berperan dalam menjaga metabolisme tulang dan menurunkan risiko pengeroposan tulang.

Untuk merasakan beragam manfaat buah persik, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi buah persik segar dibandingkan buah persik kalengan.

Walaupun lebih praktis, buah persik kalengan umumnya telah ditambah sirop dengan kadar gula yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News