Keluarga

WHO: Covid-19 Tetap Berstatus Darurat Global tapi Ada di Titik Transisi

WHO: Covid-19 Tetap Berstatus Darurat Global tapi Ada di Titik Transisi

MOMSMONEY.ID - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan pada Senin (30/1): Covid-19 masih berstatus darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, bentuk kewaspadaan tertinggi.

"Direktur Jenderal WHO setuju dengan saran yang diberikan oleh komite terkait pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan menetapkan peristiwa tersebut tetap menjadi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," kata WHO dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Hanya, WHO menyebutkan, pandemi Covid-19 kemungkinan berada di "titik transisi" yang terus membutuhkan manajemen yang hati-hati untuk "mengurangi potensi konsekuensi negatif".

Baca Juga: WHO: 5 Miliar Orang Punya Risiko Penyakit Jantung Lebih Tinggi Akibat Lemak Trans

Sudah tiga tahun sejak WHO pertama kali menyatakan Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat. Lebih dari 6,8 juta orang meninggal selama wabah, yang telah menyentuh setiap negara di Bumi, menghancurkan komunitas dan ekonomi.

Tapi, kemunculan vaksin dan perawatan telah banyak mengubah situasi pandemi sejak 2020. 

Dan, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sebelumnya berharap, bisa mengakhiri keadaan darurat tahun ini, terutama jika akses ke tindakan pencegahan bisa ditingkatkan secara global.

Penasihat komite ahli WHO tentang status pandemi mengatakan kepada Reuters pada Desember lalu, bukan waktu yang tepat untuk mengakhiri keadaan darurat mengingat ketidakpastian atas gelombang infeksi di China setelah mencabut langkah-langkah ketat nol-Covid pada akhir 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News