Bugar

Waspadai, Sering Sendawa Bisa Jadi GERD

Waspadai, Sering Sendawa Bisa Jadi GERD

MOMSMONEY.ID - Sendawa adalah proses pengeluaran udara yang menumpuk di dalam perut melalui mulut. Hal ini merupakan kondisi yang baik karena menandakan sistem pencernaan bekerja dengan lancar.

Namun saat sendawa terjadi secara berulang bisa jadi indikasi iritasi di perut. Kondisi ini jadi tanda jika lambung mengalami gangguan sehingga tidak bisa bekerja  sebagaimana mestinya.

Ketika sering sendawa dalam jangka waktu yang lama atau semakin buruk, itu bisa berarti ada hal lain yang terjadi dan mungkin perlu diskusi lebih lanjut dengan dokter.

Seperti yang dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa penyebab sering sendawa yang perlu Anda ketahui antara lain:

 Baca Juga: Waspadai Bahayanya! Ini Dampak Sering Menahan Kentut

Makanan dan minuman bergas

Penyebab sering sendawa bisa karena sering mengonsumsi makanan atau minuman yang bergas. Contohnya minuman soda atau berkarbonasi, kacang-kacangan, brokoli, biji-bijian utuh, kismis, atau pisang.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Penyebab sering sendawa kedua karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Obat-obatan ini termasuk obat diabetes tipe 2, obat pencahar, dan obat pereda nyeri.

Bahkan, konsumsi obat pereda nyeri secara berlebihan bisa menyebabkan gastritis, salah satu kondisi yang memicu sendawa.

Merasa stres dan cemas

Penyebab sering sendawa yang ketiga adalah saat Anda merasa stres dan cemas. Kondisi ini disebut hiperventilasi dan bisa memicu sering sendawa.

Saat mengalami stres atau cemas berlebih, secara tidak sadar Anda akan bernapas lebih cepat sehingga udara yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Waspadai Bau Mulut, Bisa Jadi Anda Mengalami Salah Satu dari 5 Penyakit Ini

Infeksi bakteri

Penyebab sering sendawa lainnya karena infeksi bakteri. Melansir Healthline, sering sendawa juga bisa merupakan gejala infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori).

Bakteri ini mungkin ada di lebih dari setengah populasi dunia, tetapi kebanyakan orang tidak sakit karenanya.

GERD

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat seseorang sering bersendawa. Ini juga bisa menjadi tanda penyakit GERD.

Kebiasaan seperti merokok, makan dan minum terlalu cepat juga bisa menyebabkan hal tersebut. Selain itu, keadaan gas berlebih dalam tubuh juga bisa disebabkan oleh gastroesophageal reflux disease atau GERD.

Itulah beberapa penyebab sering sendawa yang perlu Anda ketahui agar bisa mengatasinya dengan tepat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News