ads

Waspadai Masuknya 3 Varian Baru Virus Corona kei Indonesia

Sumber: Healthline,Kompas.com
Selasa, 16 November 2021 | 15:03 WIB
Waspadai Masuknya 3 Varian Baru Virus Corona kei Indonesia

ILUSTRASI. Waspadai Masuknya 3 Varian Baru Virus Corona Di Indonesia. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.


MOMSMONEY.ID - Saat ini kasus COVID-19 di Indonesia menunjukkan penurunan yang sangat signifikan. Meskipun begitu, masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan agar tidak terjadi gelombang ketiga COVID-19 yang diprediksi dapat terjadi pada liburan Natal dan Tahun Baru.

Bukan hanya virus COVID-19 varian yang lama, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap masuknya 3 varian baru COVID-19, yaitu Lambda, Mu, dan C.1.2.

Beberapa bulan setelah gelombang kedua COVID-19, kini kasus COVID-19 di Indonesia menunjukkan angka penurunan.

Baca Juga: Cermati Efek Samping 10 Vaksin di Indonesia yang Mungkin Muncul

Selain proses vaksinasi yang telah dijalankan hampir sebagian masyarakat Indonesia, tetap menjalani protokol kesehatan menjadi tindakan positif yang dapat membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran COVID-19.

Lambda, Mu, dan C.1.2 adalah tiga varian baru COVID-19 yang kini menjadi perhatian World Health Organization (WHO) dan masuk dalam kategori Variant of Interest (VoI). 

Ketiga virus ini juga dinilai memiliki beberapa mutasi yang berbahaya. Varian Lambda telah terdeteksi di 42 negara, sedangkan varian Mu memiliki proses penyebaran lebih cepat dibandingkan Lambda. Kini, varian Mu telah ditemukan di 49 negara. Sementara itu, varian C.1.2 juga telah ditemukan di Afrika Selatan, dilansir dari laman resmi WHO.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja

Untuk membantu pemerintah dalam menurunkan risiko penyebaran COVID-19 dan mencegah masuknya varian baru COVID-19 di Indonesia, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan, yaitu.

1. Hindari kerumunan serta jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

2. Kurangi aktivitas di luar ruangan. Jika diperlukan, pastikan Anda melakukan aktivitas di dalam ruangan dengan ventilasi udara yang cukup baik atau lakukan aktivitas di luar ruangan.

3. Gunakan masker secara tepat. Penggunaan masker yang sesuai dan tepat dinilai mampu mengurangi penularan dan penyebaran COVID-19, khususnya varian yang baru. Pastikan Anda menggunakan masker medis atau N95. Anda juga bisa menggunakan masker ganda untuk perlindungan yang lebih baik.

4. Jaga kebersihan tubuh dan tangan dengan rutin mencuci tangan. Jika tidak ada lokasi cuci tangan terdekat, Anda bisa gunakan hand sanitizer.

5. Jangan ragu untuk segera mendapatkan vaksin COVID-19 agar perlindungan semakin maksimal. 

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Menjalani protokol kesehatan dengan tepat dan disiplin dalam menjalankan karantina menjadi cara lain untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19. 

Selanjutnya: Yuk, Simak Panduan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER