HOME, Bugar

Waspadai, Kenali 5 Makanan Penyebab Jerawat di Wajah

Waspadai, Kenali 5 Makanan Penyebab Jerawat di Wajah

MOMSMONEY.ID - Jerawat kerap dikaitkan dengan kondisi kulit berminyak atau stres. Untuk mencegah jerawat, batasi konsumsi berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat. 

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan dapat muncul di bagian tubuh tertentu, seperti wajah, dada, atau punggung.

Jerawat ada yang bersifat ringan hingga parah dan menyerupai benjolan berisi kista dan nanah dan beberapa makanan ini dapat memicu pertumbuhan jerawat di wajah.

Baca Juga: Manfaatkan Buah Pepaya untuk Memutihkan Kulit Secara Alami, Begini Caranya!

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa makanan penyebab jerawat di wajah yang perlu Anda hindari, antara lain: 

1. Keripik kentang

Makanan penyebab jerawat di wajah yang pertama adalah keripik kentang. Keripik kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh.

Selain keripik kentang, kentang goreng dan roti juga memiliki karbohidrat tinggi yang sebaiknya Anda hindari.

2. Makanan cepat saji

Makanan penyebab jerawat di wajah yang kedua adalah makanan cepat saji. Ini karena makanan ini tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat olahan.

Jadi, sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, dan kentang goreng.

3. Minuman beralkohol

Minuman penyebab jerawat di wajah yang ketiga adalah alkohol. Alkohol tidak hanya memicu peradangan tetapi juga menyebabkan ketidakseimbangan testosteron atau estrogen dalam tubuh.

Asupan alkohol yang berlebihan dapat menempatkan Anda pada risiko kekurangan zinc, mineral yang dapat membantu melawan jerawat.

Baca Juga: Lakukan Secara Rutin, 6 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan!

4. Makanan olahan susu

Makanan penyebab jerawat di wajah yang keempat adalah makanan olahan susu. Makanan olahan susu ternyata menyebabkan jerawat jika dikonsumsi berlebihan.

Asam amino yang terkandung dalam produk susu juga dipercaya dapat menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif dan memicu timbulnya jerawat.

5. Makanan dan minuman manis

Penyebab jerawat di wajah yang terakhir adalah makanan dan minuman manis. Hal ini karena glukosa yang tinggi dapat memicu peningkatan insulin dan menyebabkan jerawat.

Makanan dan minuman yang tinggi gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah kemasan yang diberi gula tambahan, juga dapat menimbulkan jerawat.

Namun, jika jerawat yang Anda alami tidak kunjung mereda dan tetap membandel atau justru semakin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News