Bugar

Waspadai Jika Telapak Kaki Sering Panas di Malam Hari

Waspadai Jika Telapak Kaki Sering Panas di Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Telapak kaki terasa panas dapat terjadi dalam skala ringan hingga berat. Penyebab terjadinya telapak kaki panas ini pun sangat beragam.   

Mulai dari jenis pekerjaan yang Anda jalani hingga pemilihan sepatu yang terbuat dari sintetis bisa mengakibatkan kaki terasa panas saat beraktivitas atau setelahnya, dikutip dari Healthline. 

Kelelahan juga bisa membuat kaki terasa panas. Begitu pula dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari serangan kutu air hingga kerusakan saraf dan diabetes.   

Baca Juga: Ingin Konsumsi Obat Penurun Berat Badan? Jangan Asal, Ini Tip Memilih Obat yang Tepat

Namun, beberapa orang kerap mengeluhkan kaki mereka terasa panas di malam hari, meski sedang di ruangan ber-AC. Anda salah satunya?   

Rasa panas di telapak kaki juga biasanya dibarengi dengan rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum atau kesemutan, yang bisa membuat Anda sulit tidur nyenyak. 

Dirangkum dari beberapa sumber seperti Healthline dan Medical News Today, berikut beberapa penyebab telapak kaki sering panas di malam hari.  

Neuropati diabetik

Neuropati diabetes merupakan komplikasi diabetes, yang disebabkan oleh kerusakan saraf akibat tingginya kadar gula darah.

Seiring dengan sensasi seperti terbakar, gejala lainnya meliputi nyeri seperti terkena benda tajam, kesakitan, kesemutan, dan mati rasa.  

Rasa sakitnya pun bisa semakin memburuk seiring waktu dan dapat menyebar sampai kaki atau lengan Anda.  

Uremia 

Uremia merupakan komplikasi dari penyakit ginjal kronis. Ini terjadi akibat kerusakan pada ginjal sehingga ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

Ginjal tidak lagi mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urine sehingga racun berakhir di aliran darah.   

Hal ini dapat menyebabkan neuropati perifer, yang mengakibatkan kaki kesemutan dan terasa seperti terbakar.  

Baca Juga: Waspada Perut Buncit! Bisa Jadi Ada Kista dalam Perut

Infeksi jamur

Infeksi jamur seperti kutu air bukan hanya membuat kaki terasa gatal, namun juga sensasi terbakar.  

Kekurangan nutrisi tertentu

Agar sistem saraf berfungsi optimal selamanya, tubuh harus mendapat cukup nutrisi, seperti folat, vitamin B6, maupun vitamin B12. 

Faktor gaya hidup juga dapat mengakibatkan tubuh sulit menyerap nutrisi tersebut, misalnya sering minum alkohol, pola makan berantakan, faktor usia, dan kehamilan.  

Mengetahui penyebab sensasi panas di area telapak kaki ini sangat penting karena juga menentukan langkah pengobatan yang harus Anda jalani. 

Bila Anda tidak yakin dengan penyebab tersebut, konsultasikan kepada dokter yang menangani Anda.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News