HOME, Bugar

Waspadai! Inilah Sederet Penyebab Diare Berkepanjangan pada Lansia

Waspadai! Inilah Sederet Penyebab Diare Berkepanjangan pada Lansia

MOMSMONEY.ID - Diare bisa terjadi pada siapa saja, dari bayi hingga lansia. Pada orang dewasa, penyebabnya kurang lebih sama. Akan tetapi, ada yang lebih banyak terjadi pada lansia. 

Kenali berbagai penyebab diare berkepanjangan pada kelompok usia lansia di sini. Diare ditandai dengan keluarnya feses encer atau berair saat buang air besar. 

Sama halnya seperti pada anak-anak dan orang dewasa muda, diare pada lansia perlu ditangani agar tidak menyebabkan dehidrasi. 

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Jintan Hitam untuk Kesehatan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab diare berkepanjangan pada lansia, dilansir dari Healthline yaitu sebagai berikut:

1. Gangguan endokrin

Penyebab diare berkepanjangan pada lansia yang pertama adalah karena adanya gangguan endokrin. 

Gangguan endokrin—sistem hormon—seperti kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat memicu diare berkepanjangan dan berkurangnya berat badan. 

2. Alergi makanan

Penyebab diare berkepanjangan pada lansia yang kedua adalah alergi makanan. Contohnya alergi terhadap gluten, yang merupakan komponen utama tepung gandum.

Lansia dengan intoleransi laktosa juga bisa mengalami diare setelah mengonsumi susu dalam jumlah tertentu. 

3. Penyakit radang usus

Penyebab diare berkepanjangan pada lansia yang ketiga karena penyakit radang usus. Dua tipe radang usus yang umum ditemukan adalah penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. 

Keduanya termasuk kelainan autoimun, yang mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian-bagian dari saluran cerna. Ciri khas penyakit ini yaitu adanya darah di dalam tinja. 

Baca Juga: Hindari Makanan Ini agar Vitiligo Tidak Semakin Parah

4. Obat-obatan

Penyebab diare berkepanjangan pada lansia yang keempat karena obat-obatan yang memang umumnya lebih banyak mengonsumsi obat-obatan ketimbang mereka yang berusia lebih muda. 

Obat-obatan yang kerap menjadi penyebabnya adalah obat pencahar, obat penurun asam lambung, antihipertensi, antikanker, anti HIV, dan antiinflamasi nonsteroid (OAINS) seperti ibuprofen. 

5. Infeksi kronis

Penyebab diare berkepanjangan pada lansia yang terakhir karena infeksi kronis. Infeksi kronis oleh parasit, bakteri, dan virus tertentu dapat memicu diare yang berkepanjangan.

Infeksi ini lebih banyak ditemukan pada mereka yang kerap bepergian atau tinggal di negara-negara tropis dan/atau berkembang. 

Infeksi usus umumnya muncul setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi kuman. 

Oleh sebab itu, segera bawa lansia berkonsultasi dengan dokter bila diare berlangsung hingga lebih dari 3-4 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News