Bugar

Waspadai! Inilah 5 Penyebab Polip Hidung yang Perlu Anda Ketahui

Waspadai! Inilah 5 Penyebab Polip Hidung yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa penyebab polip hidung yang perlu Anda ketahui agar bisa lebih waspada dan bisa mengantisipasinya.

Polip hidung merupakan keluhan kesehatan yang bisa menyerang orang dengan usia berapa pun. 

Polip hidung merupakan gangguan berupa adanya pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau sinus, dikutip dari Healthline.

Polip hidung merupakan jaringan lembut yang tak terasa sakit, terlebih lagi tidak jika Anda mengalami polip hidung tidak akan berpotensi menjadi kanker. 

Berikut ini adalah beberapa penyebab polip hidung yang perlu Anda ketahui yang sudah dirangkum dari Healthline dan Health Focus, sebagai berikut:  

Baca Juga: Lakukan 5 Hal ini jika Mengalami Susah Buang Air Besar

1. Infeksi sinus berulang

Penyebab polip hidung yang pertama karena adanya infeksi sinus yang berulang. Sinus yang terinfeksi akan mengalami peradangan dan pembengkakan. 

Akibatnya, lendir juga bisa menumpuk di dalam sinus dan memperparah peradangan. Kondisi ini dalam waktu yang lama, bisa dengan mudah menjadi penyebab polip hidung.  

2. Sindrom churg strauss

Penyebab polip hidung yang kedua adalah sindrom churg strauss. Sindrom ini bisa menjadi penyebab polip hidung. 

Sindrom ini merupakan kondisi yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Hampir semua pengidap sindrom ini akan mengalami asma atau alergi rhinitis.  

3. Penyakit asma

Penyebab polip hidung yang ketiga adalah Anda mempunyai riwayat penyakit asma. Penyakit asma adalah salah satu penyebab polip hidung yang cukup umum. 

Penelitian menunjukkan bahwa penderita asma cenderung lebih rentan terkena radang hidung dan sinus yang lebih parah.  

4. Fibrosis kistik

Penyebab polip hidung yang keempat adalah fibrosis kistik. 

Fibrosis kritik adalah kelainan genetika yang menghasilkan cairan kental dan berlebihan pada sistem pencernaan dan pernapasan, termasuk selaput sinus.  

Baca Juga: Cara Efektif Membersihkan Kotoran Telinga secara Alami, Simak Penjelasannya

5. Rhinitis alergi

Penyebab polip hidung yang kelima adalah karena rhinitis alergi. Rhinitis alergi adalah peradangan dan penyumbatan di bagian dalam hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. 

Alergi tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai alergen, seperti serbuk sari, debu, atau bulu hewan. Peradangan yang disebabkan oleh alergi bisa bersifat kronis.  

Artinya berlangsung dalam waktu yang cukup lama atau sering berulang. Akibatnya, peradangan di hidung ini bisa meningkatkan risiko tumbuhnya polip hidung.  

Itulah beberapa penyebab polip hidung yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki gejala yang sama, sebaiknya segera periksa ke dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News