HOME, Bugar

Waspadai! Inilah 5 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri yang Perlu Anda Ketahui

Waspadai! Inilah 5 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Nyeri dada sebelah kiri sering dikaitkan dengan serangan jantung. Padahal, nyeri dada sebelah kiri bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Keluhan nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan berbagai kondisi, sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi berdasarkan gejala apa saja yang muncul.

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Kerap Mengganggu, Inilah Cara Alami Mengobati Kutil di Tubuh. Dijamin Aman!

1. Angina

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang pertama adalah akibat angina. Menurut American Heart Association, nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh angina.

Angina bukanlah penyakit, melainkan gejala dari yang disebabkan penyakit ja ntung koroner. 

2. Masalah pada paru-paru

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang kedua adalah karena masalah pernapasan. Gejala awalnya mirip influenza, yakni demam, batuk kering, sakit kepala, nyeri otot, dan lemas. 

Salah satu gejala yang dapat terjadi adalah nyeri dada di sebelah kiri yang makin terasa saat bernapas dan diiringi dengan batuk atau napas yang terengah-engah. 

Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di sekitar paru (pleuritis). Gejala pneumonia biasanya dirasakan selama beberapa hari. 

3. Kerusakan tulang

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang ketiga berkaitan dengan kerusakan tulang. Biasanya disebabkan karena latihan berat hingga menyebabkan patah tulang rusuk atau leher. 

Kerusakan tulang dapat didiagnosis menggunakan X-ray. Pengobatan yang dilakukan bisa berupa operasi dan melumpuhkan area yang rusak. 

Baca Juga: Bukan Sekedar Bumbu Dapur, Kunyit Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Loh!

4. Stres

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang keempat adalah stres. Stres yang tidak terkendali bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri dan mengarah pada penyakit jantung koroner. 

Kondisi ini bisa diperparah dengan gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan dan memiliki berat badan berlebih (overweight dan obesitas).  

5. Cedera

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang kelima adalah cedera pada dada bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri.

Alasannya karena cedera bisa menekan sistem saraf sehingga menimbulkan rasa nyeri hingga mati rasa. 

Anda perlu segera ke dokter jika nyeri dada sebelah kiri sudah berlangsung lebih dari 15 menit dan disertai gejala mual, muntah darah, sesak napas dan tubuh berkeringat terus-menerus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News