HOME, Bugar

Waspadai! Inilah 5 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Anda Tahu

Waspadai! Inilah 5 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Mata kuning umumnya ditandai dengan menguningnya putih mata atau sklera. Kondisi ini berkaitan dengan gangguan kesehatan di kandung empedu, hati, atau pankreas.  

Penyakit ini juga terjadi ketika komponen pembawa oksigen dalam darah, yang disebut hemoglobin terurai menjadi bilirubin dan tubuh tidak membersihkan bilirubin.  

Mengutip Mayo Clinic, bilirubin seharusnya berpindah dari hati ke saluran empedu. Kemudian tubuh akan melepaskannya di kotoran. 

Jika semua hal ini tidak terjadi, bilirubin menumpuk di kulit dan membuat mata terlihat kuning. 

Baca Juga: Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya

Dilansir dari Heart Association, inilah lima penyebab mata kuning yang perlu Anda ketahui di antaranya sebagai berikut: 

1. Kondisi akibat gangguan pankreas

Penyebab mata kuning yang pertama adalah kondisi akibat gangguan pankreas. Pankreas adalah organ yang menghasilkan hormon dan enzim. 

Jika saluran pankreas menjadi meradang, terinfeksi, atau tersumbat, empedu mungkin tidak mengalir dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan penyakit kuning.  

Mengutip American Cancer Society, kanker pankreas juga dapat menyebabkan kondisi ini mata kuning.

2. Penyakit kuning

Penyebab mata kuning yang kedua adalah akibat penyakit kuning. Penyakit kuning disebabkan oleh penumpukan zat bernama bilirubin di dalam aliran darah. 

Penyakit kuning umumnya terjadi pada bayi baru lahir, tetapi orang dewasa juga dapat mengalaminya.  

Selain itu, mengutip National Health Service UK, penyakit kuning sangat umum terjadi pada bayi baru lahir karena hati masih dalam tahap pematangan.  

3. Kondisi akibat gangguan pada hati

Penyebab mata kuning yang selanjutnya adalah kondisi akibat gangguan pada hati. Dalam hal ini, hati melakukan peran penting dalam tubuh, termasuk memecah sel darah merah. 

Kondisi yang mempengaruhi fungsi hati dapat menjadi penyebab mata kuning pada orang dewasa.  

Baca Juga: Kenali Gejala Penyakit Hepatitis Akut pada Anak dan Cara Mengobatinya

4. Batu empedu

Penyebab mata kuning yang keempat adalah akibat batu empedu. Gejala yang ditunjukkan penderita batu empedu umumnya bervariasi tergantung ukuran batu empedu. 

Mata kuning merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita batu empedu. Gejala ini juga disertai dengan nyeri perut kanan atas, nyeri dada, serta mual dan muntah.  

5. Kelainan darah

Penyebab mata kuning yang terakhir adalah kelainan darah. Mata kuning juga bisa disebabkan adanya kelainan pada sel darah merah.  

Kelainan darah yang dimaksud dapat berupa anemia hemolitik, reaksi ketidakcocokan darah setelah transfusi darah, dan anemia sel sabit.  

Gangguan kesehatan yang menyebabkan mata kuning adalah kondisi yang harus segera ditangani, terutama jika disertai gejala berupa nyeri perut, demam, atau dan BAB berdarah.  

Konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami gejala tersebut agar dapat diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News