HOME, Bugar

Waspadai! Inilah 5 Penyebab Maag Kambuh Saat Berpuasa

Waspadai! Inilah 5 Penyebab Maag Kambuh Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Penderita maag penting untuk memilih makanan yang tepat dan menerapkan gaya hidup sehat saat melaksanakan puasa.

Jika tak dilakukan, berbagai hal tersebut dapat membuat maag kambuh saat berpuasa. Biasanya penyakit maag kambuh dikaitkan dengan telat makan.

Oleh karena itu saat menjalankan puasa Anda perlu berhati-hati jika mempunyai penyakit maag. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Kambuh Saat Berpuasa

Melansir dari Notes Read, ada beberapa penyebab maag kambuh saat puasa yang perlu Anda perlu ketahui :

1. Tidur larut malam

Penyebab maag kambuh saat puasa yang pertama adalah tidak tidur larut malam. Kebiasaan tidur larut malam nyatanya juga berpengaruh pada kambuhnya penyakit maag.

Hal ini disebabkan karena tubuh yang seharusnya beristirahat justru masih harus melakukan fungsinya.

Selain itu, tidur larut malam juga dapat mengganggu ritme sikardian tubuh yang dapat memberikan dampak negatif untuk tubuh.

2. Melewatkan makan sahur 

Penyebab maag kambuh saat puasa yang kedua adalah melewatkan makan sahur. Bangun untuk sahur memang cukup susah, tapi harus dipaksa bangun untuk makan sahur.

Jika tidak sahur, kemungkinan akan memicu sakit maag kambuh saat puasa, terutama bagi yang memiliki riwayat maag akut. 

3. Tidak segera berbuka

Penyebab maag kambuh saat puasa yang ketiga adalah tidak segera berbuka puasa. Jika waktu berbuka sudah tiba, jangan tunda lagi untuk berbuka puasa sebelum maag Anda  kambuh.

Mulailah makan dengan porsi kecil dan beri jeda 30 menit sebelum makan porsi besar. Minum minimal dua gelas air putih saat berbuka dan empat gelas air putih saat makan malam.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Buah Nanas Madu untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengonsumsi makanan pemicu

Penyebab maag kambuh saat puasa yang keempat adalah mengonsumsi makanan pemicu. Ada beberapa pantangan makanan yang sebaiknya dihindari pengidap maag.

Makanan terlalu pedas, asam, bersantan, tinggi karbohidrat dan berlemak. Dan makanan yang digoreng adalah beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk pengidap maag.

Lebih baik konsumsi makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang saat berbuka. Pastikan Anda  memasukkan buah dan sayuran ke dalam menu sahur dan berbuka.

5. Langsung tidur setelah makan sahur

Penyebab maag kambuh saat puasa yang kelima adalah langsung tidur setelah makan sahur. Sebaiknya kebiasaan ini harus segera dihentikan.

Tidur setelah sahur justru berpotensi menaikkan asam lambung ke kerongkongan dan bisa membuat maag kambut saat puasa.

Walaupun mungkin terasa berat, usahakan tidak langsung kembali tidur dan jeda setidaknya tiga jam setelah makan untuk kembali tidur. 

Itulah beberapa penyebab maag kambuh saat puasa yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News