Bugar

Waspadai! Ini Sederet Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Waspadai! Ini Sederet Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya.

Nyeri dada sering dikaitkan dengan serangan jantung. Padahal, nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak faktor selain yang berkaitan dengan penyakit jantung.  

Keluhan nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai kondisi sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi berdasarkan gejala. 

Apa saja yang muncul dapat ditentukan apa sebenarnya penyebab nyeri dada sebelah kiri yang dialami. 

Dilansir dari Healthline, berikut adalah sederet penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya, antara lain: 

Baca Juga: Waspada! Sederet Penyebab Kanker Lambung Ini Jangan Disepelekan

1. Angina

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui pertama adalah angina. 

Menurut American Heart Association, nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh angina. Angina bukanlah penyakit, melainkan gejala dari yang disebabkan penyakit ja ntung koroner. 

2. Masalah pada paru-paru

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui lainnya karena masalah pernapasan.

Mengutip Mayo Clinic, salah satu gejala yang dapat terjadi adalah nyeri dada di sebelah kiri yang makin terasa saat bernapas dan diiringi dengan batuk atau napas yang terengah-engah. 

Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di sekitar paru (pleuritis). Gejala pneumonia biasanya dirasakan selama beberapa hari. 

Gejala awalnya mirip dengan gejala influenza, yakni demam, batuk kering, sakit kepala, nyeri otot, dan lemas. 

3. Kerusakan tulang

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui ketiga adalah adanya kerusakan tulang. 

Salah satu penyebab nyeri dada sebelah kiri juga bisa berkaitan dengan kerusakan tulang. Biasanya disebabkan karena latihan berat hingga menyebabkan patah tulang rusuk atau leher. 

Kerusakan tulang dapat didiagnosis menggunakan X-ray. Pengobatan yang dilakukan bisa berupa operasi dan melumpuhkan area yang rusak. 

4. Stres

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah stres. Stres yang tidak terkendali bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri.

Jika tidak segera ditangani, nyeri dada sebelah kiri bisa mengarah pada penyakit jantung koroner. 

Kondisi ini bisa diperparah dengan gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan dan memiliki berat badan berlebih (overweight dan obesitas).  

Baca Juga: Jangan Langsung Panik! Kenali Penyebab Payudara Sering Nyeri

5. Cedera

Penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui terakhir adalah karena efek dari cedera. Cedera pada dada bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri.

Alasannya karena cedera bisa menekan sistem saraf sehingga menimbulkan rasa nyeri hingga mati rasa. 

Anda perlu segera ke dokter jika nyeri dada sebelah kiri sudah berlangsung lebih dari 15 menit dan disertai gejala mual, muntah darah, sesak napas dan tubuh berkeringat terus-menerus. 

Kondisi tersebut harus segera mendapatkan penanganan medis karena nyeri dada sebelah kiri bisa menjadi tanda penyakit jantung koroner. 

Itulah sederet penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News