Bugar

Waspadai! Ini Sederet Penyakit Kronis yang Rentan Terjadi di Usia Muda

Waspadai! Ini Sederet Penyakit Kronis yang Rentan Terjadi di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet penyakit kronis yang rentan terjadi di usia muda yang perlu Anda ketahui dan selalu waspada.

Serangan penyakit tidak kenal usia. Bahkan, di tahap perkembangan remaja ada kemungkinan mengalami masalah kesehatan serius. 

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, penyakit kronis dapat memengaruhi tumbuh kembang remaja. Lalu, hal ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya penurunan kualitas hidup remaja. 

Data dari Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan bahwa dari 25,8 persen total kasus hipertensi nasional, kurang lebih 5,3% di antaranya adalah remaja berusia 15-17 tahun; laki-laki 6% dan perempuan 4,7%. 

Sementara itu, 5,9% anak Indonesia berumur 15-24 tahun mengidap asma.

Sementara kasus diabetes pada anak di bawah 18 tahun mengalami peningkatan yang sangat tinggi dalam lima tahun terakhir, yaitu hingga 500% dari sebelumnya, dilansir dari Riset Kesehatan Dasar 2013.

Baca Juga: Catat! Ini Sederet Penyebab Gula Darah Rendah yang Perlu Anda Waspadai

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah sederet penyakit kronis yang rentan terjadi di usia muda yang perlu Anda ketahui dan selalu waspada, antara lain: 

1. Diabetes

Penyakit kronis yang rentan terjadi di usia muda pertama adalah diabetes. Diabetes juga mengancam usia muda.

Masalah kesehatan ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang membuat pengidapnya menjadi mudah lapar, haus, dan sering kencing. 

Tidak berbeda dengan penyakit kronis lain, diabetes sebenarnya bisa dihindari dengan penerapan pola hidup sehat, misalnya pola makan teratur dan bergizi, menjaga berat badan, dan rutin berolahraga.  

2. Lupus

Penyakit kronis yang rentan terjadi di usia muda kedua adalah lupus. Penyakit lupus merupakan gangguan autoimun.

Sistem imun tidak bisa membedakan sel-sel tubuh yang sehat dengan kuman pembawa infeksi. Akibatnya, sistem imun dapat menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. 

Menurut Children’s Hospital of Philadelphia, sekitar 25.000 anak-anak dan remaja diketahui memiliki penyakit lupus. Penyakit ini paling umum menyerang pada remaja berusia 15 tahun. 

3. Asma

Penyakit kronis yang rentan terjadi di usia muda selanjutnya adalah asma. Asma merupakan peradangan serta penyempitan pada saluran pernapasan yang juga bisa dikategorikan sebagai penyakit kronis pada remaja. 

Perlu diketahui apabila asma merupakan penyakit yang cukup serius dan dapat mematikan apabila tidak ditangani dengan tepat. 

Baca Juga: Dikenal Sangat Pahit, Ini Sederet Manfaat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh

4. Kanker

Penyakit kronis yang rentan terjadi di usia muda lainnya adalah kanker. Dilansir dari American Cancer Society, kanker menjadi penyakit dengan angka kematian paling tinggi nomor dua di dunia.

Gangguan kesehatan ini jelas bisa terjadi pada segala usia, termasuk usia muda dan produktif. 

Penyebab paling utama sangat berkaitan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk konsumsi alkohol, mengalami obesitas, paparan radikal bebas dan polusi, merokok, dan jarang berolahraga.  

Sementara itu, jenis kanker yang paling sering menyerang usia muda adalah kanker kolorektal, tiroid, payudara, kelenjar getah bening, dan kanker kulit atau melanoma.  

Agar terhindar dari masalah tersebut, tentu kunci pentingnya adalah Anda harus disiplin menerapkan pola hidup sehat. 

Jangan malas olahraga, pastikan tubuh cukup istirahat, dan hindari semua hal yang bisa memicu stres serta penuhi asupan gizi tubuh dengan makanan bergizi seimbang.

Itulah sederet penyakit kronis yang rentan terjadi di usia muda yang perlu Anda ketahui dan selalu waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News