HOME, Bugar

Waspadai! Ini Penyebab Penyakit Migrain yang Harus Anda Ketahui

Waspadai! Ini Penyebab Penyakit Migrain yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Penyakit migrain sampai saat ini masih belum dipastikan penyebabnya. Namun dalam banyak kasus migrain, ditemui kadar zat kimia dalam otak yang disebut serotonin menurun, dikutip dari Everyday Health.

Kondisi ini diduga menyebabkan salah satu saraf otak (trigeminal) melepaskan zat kimia yang menuju ke lapisan luar otak (meningen) sehingga menimbulkan nyeri. Orang-orang yang sering mengalami migrain mungkin sudah hafal dengan gejala yang dirasakan saat sakit kepala sebelah menyerang. 

Namun, belum tentu mereka tahu apa saja penyebab migrain. Itulah sebabnya, mengetahui penyebab migrain bisa membantu penderitanya melakukan berbagai macam hal untuk mencegahnya datang. Berikut beberapa penyebab penyakit migrain yang harus Anda ketahui.

Baca Juga: Luar Biasa! Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Mata Sampai Pencernaan

1.Perubahan pola tidur

Jam tidur yang tidak teratur dan selalu berubah-ubah, bisa menjadi penyebab migrain yang dirasakan selama ini. Namun tidur terlalu lama juga bisa menjadi penyebab migrain datang tiba-tiba. Mulailah dari aktivitas fisik yang ringan dulu, agar tubuh terbiasa dengan kebiasaan itu.

2. Perubahan hormon

Pada perempuan, perubahan hormon adalah penyebab migrain yang sangat umum. Banyak perempuan yang merasakan migrain sesaat sebelum periode menstruasinya. Beberapa perempuan juga mengaku merasakan sakit kepala sebelah saat hamil dan menopause. Hal ini terjadi karena kadar hormon estrogen berubah, dan bisa menjadi penyebab migrain.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

3. Stres

Stres terbagi dalam dua bentuk, yaitu fisik dan mental. Sayangnya, kedua jenis stres ini bisa menjadi penyebab migrain. Sakit kepala sebelah bukanlah satu-satunya kerugian yang datang akibat stres mental. Terganggunya pikiran juga bisa diakibatkan oleh stres mental. Stres fisik yang bisa menjadi penyebab migrain di antaranya adalah olahraga fisik yang terlalu dipaksakan dan aktivitas fisik.

4. Makanan

Makanan asin atau yang disimpan terlalu lama (seperti keju), dapat menjadi penyebab migrain. Makanan yang telah diproses juga bisa menjadi penyebab migrain. Namun, tidak semua makanan ini bisa menimbulkan efek yang sama terhadap penderita migrain lainnya. Oleh karena itu, penderita migrain disarankan untuk membuat catatan mengenai makanan yang jadi penyebab migrain. 

3. Alkohol

Alkohol, terutama bir dan anggur merah adalah penyebab migrain yang harus segera dihindari. Beberapa kandungan seperti tyramine, phenylethylamine, histamin, sulfit, hingga fenol flavonoid, disebut sebagai komponen yang bertanggung jawab menjadi pemicu migrain.

Mengontrol stres, tidur secara teratur, hingga mengonsumsi makanan sehat juga bisa menjadi penangkal penyebab migrain. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa saja migrain menyebabkan kondisi yang lebih parah lagi. 

Selanjutnya: Jaga Kesehatan Organ Intim Wanita Dengan Makanan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News