ads

Waspadai! Ini Gejala Penyakit Vertigo yang Sering Terjadi

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 05 Agustus 2022 | 09:47 WIB
Waspadai! Ini Gejala Penyakit Vertigo yang Sering Terjadi

ILUSTRASI. Gejala Penyakit Vertigo yang Sering Terjadi


MOMSMONEY.ID - Vertigo adalah sensasi rasa tidak seimbang yang akan membuat Anda merasa seperti sedang berputar atau sekeliling Anda berputar. 

Serangan vertigo dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau mungkin berlangsung lebih lama. Hal ini dapat membuat Anda terganggu dan tidak nyaman.  

Berdasarkan penyebabnya, vertigo dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni vertigo sentral dan vertigo perifer. Vertigo sentral adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf pusat.  

Sementara vertigo perifer adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh masalah pada organ keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam. Vertigo perifer merupakan jenis vertigo yang paling sering terjadi.  

Gejala yang umum terjadi saat seseorang mengalami vertigo adalah pusing berputar yang diikuti dengan telinga berdengung. Hal ini bisa memicu mual dan muntah. 

Jika kondisi ini dibiarkan berlanjut, pengidap vertigo bisa terjatuh karena kehilangan keseimbangan dan tidak bisa berdiri.  

Apabila telah berbaring dan menutup mata, pengidap juga akan tetap merasa tubuhnya berputar dan rasa berdebar hingga dapat memicu pingsan. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Utama Asam Lambung Naik

Serangan awal vertigo biasanya berlangsung selama beberapa jam saja. Namun, jika tidak segera ditangani, vertigo akan selalu kambuh yang dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke.  

Dilansir dari Everyday Health, berikut beberapa gejala dan keluhan ketika Anda mengalami vertigo.  

1. Rasa pusing yang berputar, atau sekeliling terlihat bergerak. Gejala ini bisa terjadi bahkan saat Anda masih dalam keadaan diam  

2. Adanya gerakan mata abnormal yang disebut nistagmus

3. Mual dan muntah

4. Sakit kepala

5. Berkeringat

6. Suara berdenging di telinga atau gangguan pendengaran

7. Anggota tubuh terasa lemah  

8. Penglihatan berbayang  

9. Kesulitan berbicara  

10. Pergerakan mata yang tidak normal  

11. Penurunan kesadaran  

12. Respon melambat  

13. Kesulitan berjalan  

14. Demam  

Baca Juga: Anda Suka Durian? Ternyata Salah Satu Manfaatnya Bisa Melawan Infeksi Bakteri

Perlu diketahui, vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari suatu masalah kesehatan pada tubuh. Vertigo bisa muncul sebagai tanda penyakit tertentu.   

Maka dari itu, penanganan vertigo dilakukan tergantung pada penyakit yang menjadi penyebabnya. Beberapa kasus vertigo bisa sembuh tanpa pengobatan, karena otak berhasil beradaptasi dengan perubahan pada telinga bagian dalam.   

Penanganan vertigo juga bisa dilakukan di rumah selama gejala masih belum parah. Pengobatan rumahan dilakukan dengan pijatan ringan di sekitar area kepala, minum teh jahe, konsumsi kacang almond, atau konsumsi campuran cuka apel dengan madu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER