HOME, Bugar

Waspadai! Ini 5 Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi

Waspadai! Ini 5 Tanda Anda Mengidap Kolesterol Tinggi

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh makan-makanan yang tidak sehat dan Anda sering sekali mengonsumsinya.

Contohnya gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh, makanan cepat saji dan juga makanan yang mengandung gula tinggi. 

Selain itu, obesitas dan jarang berolahraga juga bisa memicu kenaikan kolesterol yang berisiko serangan jantung atau stroke.    

Sebenarnya kolesterol tidak selamanya buruk bagi tubuh Anda, karena sejatinya tubuh memerlukan zat tersebut untuk mendukung proses metabolisme.   

Kolesterol juga dibutuhkan untuk membangun sel-sel baru, membantu produksi vitamin D, dan membentuk hormon. Jika kolesterol yang Anda miliki tinggi juga cukup membahayakan dan harus diturunkan. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.   

Baca Juga: Anda Harus Tahu, 5 Nutrisi Ini Harus Dipenuhi Selama Bulan Puasa

Dialnsir dari Healthline, inilah lima tanda Anda mengidap kolesterol tinggi, antara lain:  

1. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang pertama adalah kaki dan tangan mudah kesemutan. Gejala yang mungkin timbul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan.  

Bahkan, terkadang kaki ini juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.   

Kadar kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki Anda menyempit.  

Hal ini menyebabkan aliran darah ke dalam jaringan tubuh semakin berkurang. Maka itu, aliran darah menuju ke beberapa bagian tubuh tidak memadai, salah satunya terjadi pada area kaki.   

2. Nyeri di bagian tengkuk

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang kedua adalah nyeri di bagian tengkuk. Nyatanya keluhan ini cukup sering dialami oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi.  

Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.   

3. Gampang lelah

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang ketiga adalah gampang lelah meskipun tidak melakukan kegiatan yang berat. 

Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi.  

Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup.   

Baca Juga: Waspada! 5 Jenis Penyakit Ini Sering Dialami Generasi Milenial

4. Dada terasa nyeri

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang keempat adalah dada terasa nyeri namun bukan sesak napas. Hal ini merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi.  

Artinya, saat Anda mengalami kondisi tersebut, bisa saja disebabkan karena kadar kolesterol yang sudah terlalu tinggi di dalam darah.   

Pasalnya, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri.  

Penumpukan tersebut berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung.   

5. Mudah merasa lelah dan nyeri di kaki

Tanda Anda mengidap kolesterol tinggi yang kelima adalah mudah merasa lelah dan nyeri di kaki. Hal ini membuat penderita kolesterol tinggi menjadi lebih mudah merasa lelah.   

Plak di pembuluh darah yang muncul sebagai dampak dari tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh.  

Selain itu, jika penumpukan plak ini terjadi pada pembuluh darah di kaki, maka area kaki penderita dapat terasa berat, nyeri, bahkan terasa perih seperti terbakar.   

Namun ingat, mengingat gejala yang Anda alami biasanya adalah gejala dari komplikasi kolesterol, tandanya gejala ini muncul setelah Anda mengalami kondisi kesehatan yang lebih parah.  

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk rutin melakukan tes kolesterol untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News