Bugar

Waspadai! Ini 5 Penyebab Utama Lutut Sakit di Usia Muda

Waspadai! Ini 5 Penyebab Utama Lutut Sakit di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Ada beragam penyebab lutut sakit di usia muda, mulai dari cedera hingga penyakit pada tulang.

Kondisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman yang kerap mengganggu aktivitas. Meski begitu, keluhan sakit di lutut bisa saja Anda cegah dengan beberapa cara.

Banyak orang yang menggangap bahwa lutut sakit atau nyeri umumnya diderita oleh orang-orang yang telah lanjut usia.

Namun, pada dasarnya, tidak ada batasan usia berapapun, semua bisa merasakan dan menderita nyeri lutut.

Hanya saja, penyebab lutut sakit di usia muda mungkin berbeda dengan apa yang biasanya menyerang lansia.

Dilansir dari Health Focus, beberapa penyebab utama lutut sakit di usia muda yang umumnya terjadi, di antaranya sebagai berikut : 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Melancarkan Menstruasi, Bisa Coba kacang Almond

1. Infeksi sendi

Penyebab utama lutut sakit di usia muda yang pertama adalah infeksi sendi yang disebabkan oleh bakteri. 

Infeksi sendi yang diakibatkan oleh bakteri, virus, atau jamur di organ lain ini menyebar melalui aliran darah dan menyerang sendi tubuh, seperti lutut, siku, maupun pinggul.

Selain gejala pada sendi, penderitanya juga bisa mengalami demam, penurunan nafsu makan, dan kelelahan terus-menerus.

2. Osteoarthritis

Penyebab utama lutut sakit di usia muda yang kedua adalah osteoarthritis. Osteoarthritis atau peradangan sendi di tulang rawan juga menjadi penyebab lutut sakit di usia muda.

Umumnya, hal ini terjadi karena tekanan atau penggunaan sendi lutut yang berlebihan, misalnya, akibat berat badan berlebih atau sering mengangkat beban yang terlalu berat.

3. Asam urat

Meski asam urat lebih sering terjadi pada orang tua, tidak menutup kemungkinan orang di usia muda pun mengalami penyakit tersebut.

Hal ini terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh berlebihan, biasanya karena sering konsumsi makanan tinggi purin.

Bila dibiarkan dapat memicu penumpukan kristal asam urat pada sendi, termasuk lutut, yang menyebabkan sendi terasa nyeri, bengkak, dan kaku ketika digerakkan.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

4. Rheumatoid arthritis

Penyebab lutut sakit di usia muda selanjutnya adalah rheumatoid arthritis, yaitu peradangan kronis pada sendi karena kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel tubuh yang sehat.

Gejalanya adalah nyeri hebat pada sendi, termasuk lutut, maupun siku. Selain itu, gejala lainnya bisa berupa sendi membengkak, tampak kemerahan, dan terasa hangat.

5. Cedera 

Cedera adalah penyebab lutut sakit yang cukup sering terjadi. Kondisi ini muncul akibat gerakan berulang yang melibatkan lutut, misalnya, saat berolahraga.

Jenis cedera lutut yang umumnya terjadi di usia muda meliputi keseleo, robek ligamen lutut, dislokasi atau pergeseran tulang, dan patah tulang.

Itulah beberapa penyebab utama sakit lutut di usia muda yang perlu Anda wasapadai. Selalu terapkan pol ahidup sehat untuk mencjaga tulang tetap kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News